Informasi Umum

Jelang Pemilu, Berikut Tahapan Pemilu 2024

Pemilihan Umum

Proses pemilihan wakil rakyat di Indonesia yang dilakukan secara teratur dan demokratis dikenal dengan sebutan Pemilu atau Pemilihan Umum. Pemilihan umum dilaksanakan bertujuan untuk memilih anggota parlemen, presiden, gubernur, dan pemimpin lainnya.

Pemilihan umum biasanya dilakukan melalui sistem pemilihan langsung di mana masyarakat Indonesia dapat memilih langsung pemimpin yang akan mereka pilih.

Pemilihan umum di Indonesia dilakukan untuk memilih pemimpin-pemimpin negara seperti Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Dewan Perwakilan Raky (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Daerah Provinsi (DPRD Provinsi). Pemilihan umum dilakukan setiap lima tahun sekali.

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dilakukan secara langsung oleh seluruh warga negara yang berhak pilih. Sedangkan pemilihan anggota DPR, DPD, dan DPRD Provinsi dilakukan secara langsung oleh pemilih di masing-masing wilayah pemilihan.

Peraturan pemilihan umum diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Umum.

Pemilu di Indonesia diselenggarakan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) yang bertugas untuk menyelenggarakan pemilu yang adil dan jujur. Sistem pemilu di Indonesia saat ini adalah sistem Pemilu Presiden dan Wakil Presiden secara langsung dan anggota DPR, DPD, dan DPRD Provinsi secara langsung. Pemilu sendiri di Indonesia diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Umum.

Pemilu di Indonesia diatur oleh KPU yang bertugas untuk menyelenggarakan pemilu yang adil dan jujur. Sistem pemilu di Indonesia saat ini adalah sistem Pemilu Presiden dan Wakil Presiden secara langsung dan anggota DPR, DPD, dan DPRD Provinsi secara langsung.

Tahapan Pemilihan Umum 2024

Pemilu 2024

Proses pemilihan umum di Indonesia dilakukan secara berkala dan terdiri dari beberapa tahap. Tahap-tahap tersebut antara lain:

Penyelenggaraan Pemilu

Pemilu di Indonesia diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bertanggung jawab atas seluruh proses pemilihan umum.

Pencalonan

Partai politik atau individu yang berminat mencalonkan diri dalam pemilu harus mengajukan surat pengajuan calon kepada KPU.

Penyaringan Calon

KPU akan melakukan penyaringan terhadap calon-calon yang mengajukan diri untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

Kampanye

Setelah calon-calon ditentukan, partai politik atau individu yang mencalonkan diri dapat melakukan kampanye untuk mempromosikan diri dan program-program mereka kepada masyarakat.

Pemungutan Suara

Pada hari pemilu, warga negara yang berhak memilih akan diberikan kesempatan untuk memberikan suara pada calon-calon yang diinginkan.

Penghitungan Suara

Setelah pemungutan suara selesai, KPU akan melakukan penghitungan suara untuk menentukan siapa yang terpilih sebagai pemimpin negara atau wilayah.

Pengumuman Hasil

KPU akan mengumumkan hasil pemilu yang sah kepada masyarakat.

Pengukuhan

Calon yang terpilih dalam pemilu harus mengikuti proses pengukuhan yang ditentukan oleh undang-undang untuk menjadi pemimpin negara atau wilayah yang sah.

Baca Juga  Mau Jadi Bagian Dari Badan Usaha Milik Negara? Yuk Simak Informasi Seputar BUMN

Berikut adalah tahapan pelaksanaan pemilu 2024 yang dikutip dari situ resmi KPU :

Tahapan Pemilu 2024

TAHAPAN DAN JADWAL PENYELENGGARAAN PEMILU TAHUN 2024

  1. 14 Juni 2022 – 14 Juni 2024

Perencanaan Program dan Anggaran

  1. 14 Juni 2022 – 14 Desember 2023

Penyusunan Peraturan KPU

  1. 14 Oktober 2022 – 21 Juni 2023

Pemutakhiran data Pemilih dan penyusunan daftar Pemilih

  1. 29 Juli 2022 – 13 Desember 2022

Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu

  1. 14 Desember 2022 – 14 Februari 2022

Penetapan Peserta Pemilu

  1. 14 Oktober 2022 – 9 Februari 2023

Penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan

  1. 6 Desember 2022 – 25 November 2023

Pencalonan DPD

  1. 24 April 2023 – 25 November 2023

Pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota

  1. 19 Oktober 2023 – 25 November 2023

Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden

  1. 28 November 2023 – 10 Februari 2024

Masa Kampanye Pemilu

  1. 11 Februari 2024 – 13 Februari 2024

Masa Tenang

  1. 14 Februari 2024 – 15 Februari 2024

Pemungutan dan Penghitungan Suara

  1. 15 Februari 2024 – 20 Maret 2024

Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara

  1. Disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota DPRD kabupaten/kota

Pengucapan Sumpah/Janji DPRD kabupaten/kota

  1. Disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota DPRD provinsi

Pengucapan Sumpah/Janji DPRD provinsi

  1. 1 Oktober 2024

Pengucapan Sumpah/Janji DPR dan DPD

  1. 20 Oktober 2024

Pengucapan Sumpah/Janji Presiden dan Wakil Presiden

Sumber : PKPU NO 3 Tahun 2022

Penutup

Sangat baik untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum dan mendukung proses yang jujur dan adil. Ini termasuk melakukan pengecekan fakta sebelum memberikan dukungan kepada calon tertentu, menghindari penyebaran hoax, dan menghormati hasil pemilihan yang sah.

Selain menjadi panitia pemungutan suara, partisipasi lain yang bisa dilakukan di antaranya Menjadi bagian dari proses pemilihan umum adalah cara untuk memastikan bahwa suara terdengar dan mempengaruhi hasil pemilihan. Menjadi pemilih dan terdaftar sebagai pemilih sebelum batas waktu pendaftaran adalah bentuk dari partisipasi yang lain. Sebaiknya untuk mempelajari tentang calon yang akan di pilih, baik dari partai politik apa saja, program yang diusung, visi dan misi, dan lainnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh, pilih calon yang dianggap paling cocok. Selain itu, anda dapat mengambil bagian dalam kampanye calon yang didukung, seperti menyebarluaskan informasi tentang calon tersebut atau mengumpulkan dukungan.

Pastikan untuk hadir di tempat pemungutan suara pada hari pemilihan. Ini sangat penting untuk menghormati hasil pemilihan, meskipun hasil tidak sesuai dengan harapan. Proses demokrasi yang adil memerlukan partisipasi yang aktif dan dukungan untuk hasil yang sah.

Artikel Terkait

Back to top button