Bisnis

10 Cara untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Anda dengan Cepat

Tidak ada rumus pasti untuk mencapai kesuksesan secara instan, tetapi Anda dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda dengan tips dari pendiri startup ini. Membangun bisnis memang membutuhkan waktu, namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan perusahaan Anda dengan lebih cepat. Dengan menghitung tingkat pertumbuhan dari berbagai metrik dan membandingkannya satu sama lain, Anda dapat memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang arah bisnis Anda.

Meskipun tidak ada jaminan kesuksesan, menerapkan tips ini dapat menempatkan bisnis Anda dalam posisi terbaik untuk berhasil dan berkembang. Artikel ini ditujukan bagi para pengusaha yang ingin mengukur pertumbuhan bisnis mereka sambil terus mencapai kesuksesan perusahaan mereka ketika bisnis tersebut berkembang. Ketika Anda pertama kali meluncurkan bisnis Anda, tujuan utama Anda adalah untuk membangun merek Anda dan mulai tumbuh. Sayangnya, ini tidak terjadi dalam semalam. Pertumbuhan adalah proses yang berkelanjutan yang membutuhkan kerja keras, kesabaran, dan dedikasi. Tidak ada langkah khusus atau cara rahasia untuk melampaui bisnis lain di industri atau mencapai kesuksesan secara instan.

Namun, ada cara terbukti untuk mencapai tonggak pertumbuhan yang dapat meluncurkan bisnis ke arah kesuksesan. Kami menanyakan para pemimpin bisnis kecil untuk berbagi tips mereka untuk mempercepat pertumbuhan.

Cara Meningkatkan Bisnis Anda dengan Cepat Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan perusahaan Anda. 110 tips ini menawarkan metode yang teruji untuk meningkatkan skala bisnis Anda, tidak peduli apa jenis bisnis Anda.

Merekrut orang yang tepat

Merekrut orang yang tepat

Sebelum Anda bahkan memikirkan tentang arah pertumbuhan perusahaan Anda, Anda perlu memiliki staf yang solid untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.

“Mengontrak orang terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah cara pasti untuk memastikan pertumbuhan yang cepat,” kata Christian Lanng, CEO dan salah satu pendiri penyedia perangkat lunak bisnis Tradeshift. “Semua ini tentang memiliki tim yang tepat.”

Ketika Anda memiliki karyawan yang rajin dan berdedikasi untuk kesuksesan perusahaan Anda, bisnis Anda akan lebih siap untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Selain itu, dengan menyerahkan tugas-tugas kepada orang lain untuk fokus pada pekerjaan penting, Anda akan memiliki waktu dan energi lebih untuk melakukan yang terbaik dan menumbuhkan budaya kerja yang kolaboratif.

Fokus pada sumber pendapatan yang sudah mapan

Fokus pada sumber pendapatan yang sudah mapan

Tidak perlu mencari pelanggan baru, arahkan perhatianmu pada pelanggan inti yang sudah ada, demikian saran dari Bill Reilly, seorang pengusaha perbaikan mobil yang berbasis di Wisconsin. Kamu bisa melakukannya dengan menerapkan program referensi atau loyalitas pelanggan atau mencoba strategi pemasaran berdasarkan perilaku pembelian sebelumnya untuk mendorong bisnis yang berulang, katanya.

Mengfokuskan pada pasar yang sudah mapan sangat penting jika kamu mencoba untuk mendapatkan pendanaan. “Di masa lalu, kami akan menyoroti tujuan bisnis kami untuk menjadi waralaba, yang tidak menarik bagi bank,” kata Reilly. “Kami belajar untuk menekankan bahwa ada pasar yang besar untuk apa yang kami lakukan. Ini akan menarik minat seorang banker, karena mereka peduli tentang pengembalian investasi lebih dari aspirasi bisnismu.”

Kurangi Risiko Anda

Kurangi Risiko Anda

Mengecilkan risiko bisnis Anda adalah tindakan yang penting untuk diambil. Risiko adalah bagian yang tidak terhindarkan saat memulai dan mengembangkan bisnis. Meskipun tidak mungkin untuk mengendalikan semuanya, ada banyak cara untuk membatasi ancaman internal dan eksternal terhadap perusahaan Anda dan pertumbuhannya. Salah satu sumber daya penting untuk membantu Anda mencapai ini adalah penyedia asuransi bisnis Anda.

“Usaha kecil perlu mengelola pertumbuhan mereka untuk menghindari gangguan yang dapat membuat bisnis berhenti seketika,” kata Mike DeHetre, wakil presiden senior bidang underwriting dan asuransi di Preferred Mutual. Sebagai contoh, “pencurian data karyawan, catatan pelanggan, dan desain produk dapat menghancurkan bisnis kecil, menghasilkan biaya yang signifikan dan mengikis kepercayaan dan loyalitas pelanggan,” katanya. “Tidak setiap kebijakan pemilik bisnis mencakup pelanggaran data atau kerugian siber lainnya. Usaha kecil harus siap dengan mencari produk asuransi yang membantu mereka pulih, termasuk yang mencakup biaya remediasi dan gugatan.”

Saat bisnis kecil Anda berkembang, Anda mungkin menambah ruang atau peralatan, menciptakan produk atau layanan baru, atau meningkatkan operasi dan distribusi Anda. Oleh karena itu, DeHetre menyarankan untuk meninjau kebijakan Anda secara berkala untuk memastikan Anda memiliki perlindungan yang tepat.

“Mudah untuk melupakan langkah ini di tengah-tengah ekspansi yang cepat, tetapi Anda tidak ingin menemukan bahwa Anda telah melebihi jangkauan perlindungan Anda ketika Anda paling membutuhkannya,” katanya.

Mudah beradaptasi

Mudah beradaptasi

Salah satu sifat yang banyak dimiliki oleh startup sukses adalah kemampuan untuk dengan cepat beralih arah sebagai respons terhadap perubahan di pasar. Lanng mengatakan pendekatan yang tangkas dalam pengembangan, baik pada produk maupun perusahaan Anda, akan membantu Anda tumbuh lebih cepat.

“Dengan memperbolehkan diri Anda untuk beradaptasi dan berubah dengan cepat, Anda dapat menguji berbagai pendekatan dalam bisnis dan menemukan apa yang paling berhasil,” ujar Lanng pada Business News Daily. “Ini memungkinkan Anda untuk gagal, bangkit kembali, dan terus melangkah.”

Chris Cornell, pendiri dan CEO dari Manhead Merchandise, mengatakan bahwa adaptabilitas menjadi kunci dalam memperluas basis klien di luar fokus awal perusahaan pada merchandise musik.

“Cari tren budaya populer saat ini untuk mendapatkan kesempatan menjadi bagian dari gerakan tersebut ketika ada kesempatan,” katanya. “Di era kemasyhuran internet, kami mencari peluang untuk memperluas cakrawala kami di luar industri musik. Kami bekerja sama dengan ‘Raja Budaya Populer’ dan anjing terkenal di Instagram Doug the Pug untuk merilis barang baru. Dengan mengakui jangkauan dan popularitas Doug, kami mampu membawa merchandise-nya ke level berikutnya, memperluas model bisnis kami di luar band-band.”

Berfokus pada pengalaman pelanggan

Berfokus pada pengalaman pelanggan

Persepsi pelanggan dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan bisnis Anda. Jika Anda menyajikan pengalaman dan produk berkualitas, maka mereka akan dengan cepat memuji Anda di media sosial; namun jika Anda salah langkah, maka mereka akan dengan lebih cepat lagi memberitahu dunia. Pertumbuhan yang cepat bergantung pada kebahagiaan pelanggan Anda saat ini dan potensial.

“Sebagai perbandingan dengan perusahaan besar, bisnis kecil bersifat lincah dan seringkali lebih mampu melihat, mengantisipasi, dan merespons kebutuhan pelanggan mereka,” ujar DeHetre. “Yang paling sukses dari bisnis kecil adalah memanfaatkan keuntungan ini dengan membawa produk dan layanan baru dan inovatif ke pasar dengan lebih cepat, serta mengembangkan dan merawat hubungan pelanggan jangka panjang.”

Dennis Tanjeloff, Presiden dan CEO Astro Gallery of Gems, setuju. Dia mengatakan bahwa mendengarkan pelanggan Anda dan memberikan apa yang mereka inginkan adalah hal yang sangat penting.

“Keragaman penawaran Anda sangat penting untuk dapat memenuhi selera pelanggan yang selalu berubah,” kata Tanjeloff. “Ingat, Anda hadir untuk melayani pelanggan – itulah sebabnya mengapa Anda membuka bisnis.”

Meskipun berinteraksi dengan audiens Anda sangat penting, personalisasi pengalaman dapat meningkatkan dan memperkuat hubungan tersebut. “Di Manhead, kami menghasilkan desain kreatif yang unik, toko fisik yang disesuaikan, dan toko pop-up yang dipersonalisasi untuk setiap band [yang kami kerjakan] untuk membantu mereka berinteraksi dengan penggemar dengan cara yang baru,” kata Cornell.

Berinvestasilah pada diri sendiri

Berinvestasilah pada diri sendiri

Di awal perjalanan bisnis, margin keuntungan yang didapatkan cenderung sangat tipis bahkan tidak menghasilkan keuntungan sama sekali, sehingga semua uang yang didapatkan harus langsung digunakan untuk membantu pertumbuhan bisnis Anda.

“Kemampuan startup untuk berinvestasi pada dirinya sendiri [membantu] mempercepat pertumbuhan,” kata Lanng. “Di tahun-tahun awal, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda mengalokasikan semua pendapatan kembali ke perusahaan. Sangat penting untuk berinvestasi secara dini dan besar-besaran untuk dapat tumbuh dengan cepat.”

Meskipun mungkin menggoda untuk menyimpan semua keuntungan Anda, lebih baik untuk berinvestasi pada pertumbuhan bisnis Anda sehingga Anda dapat memetik manfaat yang lebih besar di masa depan. Tentukan bagian mana dari bisnis Anda yang memerlukan lebih banyak perhatian. Misalnya, apakah Anda perlu merekrut lebih banyak karyawan, memperluas upaya pemasaran, atau mencari tambahan pendanaan? Ketika Anda menemukan area yang krusial dan membutuhkan perbaikan, berikan dukungan keuangan pada area tersebut.

Ingatlah, pada awalnya pertumbuhan bisnis Anda mungkin terlihat lambat dan sulit, tetapi dengan investasi yang tepat pada waktu yang tepat, Anda akan dapat mencapai kesuksesan yang diinginkan. Oleh karena itu, jangan takut untuk mengambil risiko dan berinvestasi pada pertumbuhan bisnis Anda.

Selalu berpikir jauh ke depan

Selalu berpikir jauh ke depan

Walaupun kecepatan dalam beradaptasi merupakan kualitas penting bagi startup, Anda tidak bisa mengandalkan naluri saja dalam menjalankan bisnis. Merencanakan langkah selanjutnya – dengan mempertimbangkan semua kemungkinan skenario – merupakan cara terbaik untuk tetap berpijak pada tanah dan merasa aman saat bisnis Anda berkembang.

Berpikir ke depan mungkin terdengar luas, tetapi hal tersebut bisa dimulai dengan melakukan review terhadap semua kontrak yang sedang berlangsung. Misalnya, membandingkan tarif dengan penyedia kartu kredit terbaik dan melihat apakah Anda dapat bernegosiasi untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik.

Merencanakan langkah selanjutnya akan membantu Anda meminimalkan risiko dan mengantisipasi setiap kemungkinan yang muncul di masa depan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengeksplorasi setiap opsi yang tersedia dan berusaha untuk menemukan solusi terbaik bagi bisnis Anda.

Meningkatkan layanan pelanggan Anda

Metode hebat lainnya untuk memperluas bisnis Anda adalah dengan berfokus pada memberikan layanan pelanggan yang superior. Ketika Anda melebihi ekspektasi pelanggan, mereka cenderung akan memberitahukan teman, keluarga, dan pengikut mereka tentang bisnis Anda.

Saat Anda melakukan usaha ekstra, seperti menawarkan diskon jika pelanggan memiliki pengalaman yang buruk atau melakukan tindak lanjut untuk memastikan bahwa klien puas dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan, Anda membentuk reputasi layanan pelanggan yang luar biasa.

Menjaga kepuasan pelanggan adalah kunci sukses bagi bisnis Anda. Dengan memberikan layanan pelanggan yang superior, Anda tidak hanya memperoleh kepercayaan pelanggan tetapi juga membangun hubungan jangka panjang yang menguntungkan bagi bisnis Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berinvestasi pada pelatihan staf dan perangkat lunak yang dapat membantu Anda memberikan layanan yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Fokus pada media sosial

Fokus pada media sosial

Sekarang ini, ada banyak cara untuk mengembangkan bisnis Anda. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan membuat profil di platform media sosial terbesar seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Mengaktifkan profil di media sosial akan membantu Anda memasarkan bisnis Anda dan berinteraksi dengan calon pelanggan yang lebih banyak.

Dengan akun yang terus-menerus diperbarui pada platform utama, konsumen dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda dan lebih cenderung membagikan bisnis Anda kepada teman mereka. Selain itu, Anda juga dapat menciptakan pengalaman yang lebih menarik bagi audiens Anda, membantu mereka merasa lebih terhubung dengan merek Anda dan membina kepercayaan.

Teliti kompetitor Anda

Meskipun mungkin tidak secara langsung memicu pertumbuhan yang pesat, melakukan riset terhadap pesaing Anda merupakan salah satu langkah awal paling penting dalam meluncurkan bisnis Anda. Tanyakan pada diri sendiri siapa pesaing Anda, apa yang mereka lakukan (yang belum Anda lakukan) yang berhasil bagi mereka, dan bagaimana Anda dapat membedakan bisnis Anda dari milik mereka. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda membentuk strategi bisnis yang lebih produktif dengan menentukan area-area dalam bisnis Anda yang membutuhkan perhatian lebih.

Bagaimana cara mengukur pertumbuhan bisnis

Terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mengukur pertumbuhan bisnis Anda. Tergantung pada tujuan Anda, mungkin Anda lebih memilih satu faktor daripada yang lain, namun menganalisisnya dalam konteks satu sama lain dapat memberikan gambaran yang paling jelas tentang seberapa baik bisnis Anda berkembang.

  • Pendapatan: Pendapatan adalah metrik yang sering dijadikan acuan dalam menentukan pertumbuhan bisnis; setelah semua, ini adalah jumlah uang yang dihasilkan perusahaan Anda. Pertumbuhan pendapatan dari waktu ke waktu bisa menjadi hal yang baik, karena biasanya berarti Anda melakukan lebih banyak penjualan atau penjualan dengan nilai yang lebih tinggi. Namun, penting untuk menyeimbangkan pendapatan dengan biaya, karena membuat lebih sering berarti mengeluarkan lebih banyak uang.
  • Keuntungan: Indikator yang lebih penting daripada pendapatan adalah keuntungan, yaitu jumlah bersih yang dihasilkan perusahaan Anda selama periode tertentu. Ketika berbicara tentang keuntungan, laju pertumbuhan positif sangat bagus, tetapi tidak selalu menceritakan seluruh kisah. Jika margin keuntungan Anda sehat, bahkan tahun ke tahun keuntungan yang datar mungkin tidak buruk. Tetapi untuk bisnis baru, pertumbuhan keuntungan yang cepat harus menjadi fokus utama.
  • Pangsa pasar: Pangsa pasar menjelaskan seberapa dominan bisnis Anda dalam ruangannya dibandingkan dengan pesaing. Bagi perusahaan baru yang masuk ke dalam industri, pertumbuhan pangsa pasar dengan cepat menjadi perhatian utama. Tanpa mendapatkan pijakan yang signifikan terhadap pesaing Anda, akan sulit untuk mendorong penjualan untuk meningkatkan pendapatan.
  • Akuisisi pelanggan: Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pangsa pasar adalah dengan fokus pada generasi prospek dan volume penjualan. Dengan memperkenalkan merek Anda kepada calon pelanggan dan kemudian mengonversinya untuk melakukan penjualan, Anda dapat mengembangkan pangsa pasar dan pendapatan perusahaan Anda pada saat yang sama.
  • Pertahankan pelanggan: Mendapatkan pelanggan baru hanya membantu Anda memperoleh pangsa pasar jika Anda mempertahankan pelanggan tersebut, jadi fokus pada retensi pelanggan dan meningkatkan metrik ini dari waktu ke waktu juga kunci untuk memantau pertumbuhan bisnis Anda.
  • Ukuran tim: Meningkatkan tim Anda adalah pengeluaran yang signifikan, tetapi ukuran tim Anda juga mewakili seberapa banyak yang dapat Anda lakukan. Menyeimbangkan tim yang dapat memenuhi kebutuhan operasional dengan anggaran gaji adalah tantangan kunci bagi setiap pengusaha, sehingga memantau pertumbuhan tim Anda dari waktu ke waktu sangat penting.

Cara menghitung laju pertumbuhan bisnis

Tahukah Anda bahwa ada rumus matematika untuk menghitung pertumbuhan bisnis? Dan yang terbaik, rumusnya cukup sederhana! Pertama, pilihlah metrik yang ingin dihitung, misalnya pendapatan. Kemudian, periksa dua periode: nilai awal dan nilai akhir. Bagi nilai akhir dengan nilai awal, dan kalikan hasilnya dengan 100. Hasilnya adalah tingkat pertumbuhan Anda. Rumus ini dapat dinyatakan sebagai berikut:

(Nilai akhir / nilai awal) x 100% = Tingkat pertumbuhan

Misalnya, jika pendapatan tahunan pada tahun pertama pembukaan bisnis adalah Rp. 10.000.000 dan telah berkembang menjadi Rp. 50.000.000 pada tahun kedua, rumus Anda akan terlihat seperti ini:

(50.000.000 / 10.000.000) x 100% = Tingkat pertumbuhan pendapatan 500% tahun demi tahun

Memahami tingkat pertumbuhan dari setiap metrik yang diberikan dapat menunjukkan bagaimana bisnis Anda berkinerja di setiap area, dan membandingkan hasil ini di berbagai area dapat memberikan konteks yang kritis. Jika pendapatan Anda telah tumbuh secara signifikan tetapi profitabilitas Anda menurun, misalnya, itu berarti pengeluaran Anda telah melampaui pendapatan Anda dan bisnis Anda mungkin menuju arah yang salah.

Scaling Dengan Tanggung Jawab Menuju Kesuksesan Jangka Panjang

Berkembang itu penting bagi setiap bisnis, namun Anda harus cerdas dalam menentukan skala pertumbuhan. Pertumbuhan yang terlalu cepat dapat membuat Anda terbebani dengan gaji pegawai yang besar atau tuntutan pelanggan yang tidak bisa dipenuhi, sehingga mempersiapkan kegagalan di masa depan. Pertumbuhan bertahap dan keputusan yang disengaja tentang cara memperluas operasi dan tim Anda adalah metode terbaik untuk membangun bisnis yang siap sukses jangka panjang. Mengingat tips di atas adalah cara yang tepat untuk melakukannya.

Artikel Terkait

Back to top button