Bisnis

Tips dan Trik Memulai Bisnis Teknologi Web Development

Apakah Anda ingin memulai bisnis di dunia teknologi web development? Jika demikian, maka blog ini cocok untuk Anda! Di sini, kami akan memberikan tips dan saran tentang cara memulai bisnis di bidang yang menarik ini. Artikel ini cocok untuk  Anda yang baru saja ingin memulai bisnis di ranah pengembangan web, kami memiliki sesuatu yang relevan dan bermanfaat untuk dibagikan.

Dunia teknologi informasi berkembang sangat pesat, dan banyak orang yang ingin bekerja di bidang teknologi informasi bertanya-tanya. Apa yang harus dipelajari terlebih dahulu? Dimana bahan belajarnya? Apa sikap Anda?

Pekerjaan web development saat ini sangat diminati dengan munculnya startup teknologi hampir di setiap belahan dunia. Contohnya Indonesia sudah memiliki beberapa startup yang disebut perusahaan unicorn memiliki valuasi aset senilai $1 miliar. Pastinya Anda tidak asing dengan nama perusahaan start up seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak sudah tidak asing lagi kan? Selain menggunakan aplikasi seluler, teknologi populer lainnya masih menggunakan situs web untuk memberikan layanan dan produk yang mereka tawarkan.

Jika masih ingin tahu bagaimana membuat web relevan di tahun 2022, hanya karena kebanyakan dari mereka berpengetahuan dan profesional di bidangnya bukan berarti Anda sudah ketinggalan untuk mmengikutinya. Tentu saja, belajar membutuhkan proses, kesabaran dan ketekunan. Karena menguasai teknik ini membutuhkan banyak latihan dan usaha dengan berbagai tutorial yang biasa ditemukan di internet.

Sebelum membahas lebih lanjut sebaiknya menentukah hal dibawah ini

  1. Berpikir tentang cara menjalankan bisnis Teknologi Web Development sebagaimana yang diinginkan
  2. Mengidentifikasi pasar web dengan baik dan menghasilkan hasil berkelanjutan.
  3. Menentukan lokasi dan modal untuk memulai usaha, serta menyiapkan daftar dan permasalahan yang akan ditemui pada saat ini
  4. Membuat website dengan menggunakan teknologi terbaru di bidang web development, serta bereksplorasi lanjutan dari web development untuk jangka panjang

Teknologi Web Development 2022

Berikut adalah beberapa keterampilan pengembangan web yang perlu dijelajahi di tahun 2022. Semua uraian berikut adalah hasil penelitian penulis dari berbagai sumber, daftar penulis lain mungkin hasilnya juga akan berbeda.

1. HTML

html

HTML adalah dasar dari halaman web, yang berisi parameter untuk konten halaman web yang sesuai. Pengembang (um, banyak orang mengatakan bahwa orang yang bertanggung jawab untuk membuat halaman web HTML bukanlah pengembang, mereka dapat membuat struktur yang mudah dipahami tidak hanya untuk orang lain tetapi juga untuk mesin pencari seperti Google. Kemudian calon pengguna dengan mudah menemukan halaman web yang mencari informasi yang relevan melalui mesin pencari.

Keterampilan pemrograman dan komputer. Ini berarti bahwa para pengembang web harus memiliki keahlian dalam bidang ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai belajar tentang HTML secara otomatis agar tidak perlu repot-repot mengurus halaman website Anda sendiri.

HTML (HyperText Markup Language) adalah langkah awal dari halaman web yang berisi parameter untuk konten halaman web yang sesuai dengan standar HTTP/1.1 atau Internet Engineering Task Force Standard Hypertext Markup Language (RFC 2616). Pengembangan website harus cocok dengan lingkungan browser milik pengguna dan waktu mereka browsing internet saat ini; ia tidak akan sangat mudah baginya jika Anda mengubah struktur HTML yang telah dibuat oleh pengembang website.

Selain itu, Anda harus memiliki kemampuan mengembangkan dan memperbaiki halaman web sehingga tidak terlalu sulit bagi orang lain untuk mendapatkan informasi dihalaman website Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melihat berbagai hal penting yang ada pada halaman web secara umum dan memberikan solusinyaan atau penjelasan tentang masalah tersebut kepada para pengguna; ia juga akan sangat baik jika andalan Anda adalah beberapa kata atau gambar referensi (links) yaitu link back (keluar menu), link leadin (menentukan tempat pertama ketempat dimana kontennya akan dibuka), dan link targetting (memilih sisi wajib dihalaman).

Kiat dan trik untuk memulai bisnis teknologi web development berikut ini:

  1. Berlatih dan memperoleh keahlian pemrograman dan komputer dalam bidang ini; akan sangat menjamin untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis teknologi web development andalan.
  2. Membuat website dengan HTML sehingga mudah diakses oleh para pengguna internet saat ini, baik browser milik orang lain atau mesin pencari Google;
  3. Membuat website dengan HTML sehingga mudahan dilakukan secara otomatis agar tidak perlu repot-repot mengurus halaman website Anda sendiri. Hal itu juga memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang relevan melalui mesin pencari dan referensinya.

2. CSS

CSS

HTML pada awalnya dirancang untuk membuat informasi yang disampaikan melalui halaman web mudah dibaca. Awalnya, teknologi ini terutama untuk pertukaran teks, gambar, dan data melalui hyperlink. Namun, dengan meningkatnya kecepatan perkembangan Internet, penggunaannya meningkat saat ini.

CSS adalah salah satu teknologi yang dirancang untuk membuat halaman web menjadi indah. Menggunakan CSS, halaman web dibagi menjadi 2 bagian: bagian konten disimpan dalam HTML, sedangkan berbagai fungsinya seperti font, warna, posisi, dll. disusun menggunakan CSS.

Penggunaan CSS sangat mudah oleh karena itu pemula dapat mempelajarinya dengan cepat tetapi perlu dukungan dari pengetahuan tentang HTML dan keterampilan desain web. CSS adalah teknologi yang dirancang untuk membuat halaman web terlihat elegan. Pada awalnya, ini terutama digunakan untuk bertukar teks, gambar, dan data melalui hyperlink. Namun, dengan percepatan pengembangan Internet, penggunaannya telah meningkat saat ini.

CSS adalah salah satu teknologi yang dimaksudkan desainer untuk membuat halaman web terlihat bagus. Menggunakan CSS, halaman web dibagi menjadi dua bagian: bagian yang disimpan dalam file HTML dan berisi berbagai fungsi seperti ukuran font, color, position dll., Yang dikelola menggunakan CSS. Situs yang terawat dengan baik dengan penampilan cantik sangat penting untuk alasan bisnis sehingga lebih banyak bisnis yang menggunakan CSS saat ini memberi mereka kemampuan yang lebih besar untuk membuat situs web berkualitas tinggi daripada sebelumnya.

3. PHP: Hypertext Preprocessor

PHP

Halaman web yang hanya menggunakan HTML dan CSS adalah halaman web statis. Konten halaman web, meskipun dikunjungi beberapa kali, tetap sama hingga pengembang web mengubah konten secara manual. Halaman web modern menggunakan pemrograman sisi server—kode komputer yang berjalan di server—untuk menampilkan data dinamis. Salah satu bahasa atau program pemrograman yang paling populer adalah PHP.

Sebagai bahasa pemrograman, PHP mengeksekusi instruksi program pada saat runtime. Hasil dari algoritma tersebut tentunya akan berbeda-beda tergantung dari data yang diolah. PHP adalah bahasa pemrograman sisi server, jadi skrip PHP dieksekusi di server. Jenis server yang biasa digunakan sehubungan dengan PHP adalah Apache, Nginx dan LiteSpeed.

PHP juga merupakan bahasa pemrograman open source. Pengguna dapat memodifikasi dan membangun sesuai dengan kebutuhan mereka. Tentu saja, jika Anda memiliki keterampilan pemrograman yang baik, bukan?

80% situs web di seluruh dunia sekarang menggunakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Rasmus Lehrdorf pada tahun 1995. Bahkan situs web besar seperti Facebook menggunakannya. Jadi apa yang membuat PHP begitu populer? Mengapa menggunakan PHP yang berusia lebih dari dua dekade? Berikut beberapa alasannya:

  • Mudah dipelajari – Dibandingkan dengan beberapa bahasa pemrograman populer lainnya, PHP mudah dipelajari.
  • Banyak materi pendidikan. Karena “usia yang sangat tua” dari PHP, ada banyak dokumentasi, manual, dan komunitas aktif yang tersebar di dunia maya. Jadi jangan panik jika Anda mengalami masalah.
  • PHP adalah open source – siapa pun dapat menggunakan PHP tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.
  • Kecepatan tinggi PHP telah terbukti meningkatkan kecepatan loading dibandingkan dengan bahasa lain. Misalnya, ini tiga kali lebih cepat daripada Python dalam beberapa kasus.
  • Berbagai pilihan database – PHP bekerja dengan hampir semua jenis database. Dari MySQL ke database relasional seperti Redis. Kompatibilitas yang baik dengan HTML – Skrip PHP tidak mengganggu HTML. Bahkan, keduanya saling melengkapi.
  • Fleksibilitas yang lebih besar – PHP dapat diintegrasikan dengan banyak bahasa pemrograman. Jadi Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.
  • Cross-platform – PHP dapat digunakan pada platform yang berbeda. Mulai dengan Windows, Linux, MacOS. Selalu diperbarui. Sejak pertama kali muncul pada tahun 1995, PHP kini berada pada versi 7.4.
  • Dukungan untuk layanan cloud. Meskipun PHP berusia hampir dua dekade, aman untuk mengasumsikan bahwa PHP dapat mendukung layanan cloud dengan skalabilitas yang baik.

Umumnya, fungsi PHP digunakan untuk mengembangkan situs web. Situs web statis yang baik tidak memerlukan fitur sebanyak situs berita. Atau situs web dinamis seperti toko online dengan fungsi pendukung yang tak terhitung jumlahnya.

Namun, seperti yang Anda ketahui, penggunaan PHP tidak terbatas pada pengembangan web. Karena fleksibilitasnya yang tinggi, PHP dapat digunakan untuk mengembangkan program komputer. Kedengarannya bagus, bukan?

4. JavaScript

JavaScript

Halaman web dinamis tidak hanya diimplementasikan menggunakan skrip sisi server seperti PHP. JavaScript, awalnya merupakan teknologi yang digunakan untuk memanipulasi konten halaman web yang berjalan di klien, tidak menarik banyak perhatian karena beberapa menganggapnya rumit.

Namun, teknologi ini merupakan salah satu teknologi terpenting dalam perkembangan dinamis Web 2.0. Dengan teknologi ini, data dan tampilan halaman web dapat diubah atau diperbarui tanpa menyegarkan atau memuat ulang halaman. Teknologi ini juga semakin dikembangkan untuk membuat aplikasi web canggih, sebuah teknologi yang memungkinkan halaman web terlihat seperti aplikasi seluler.

Konten dinamis berarti bagian depan halaman dapat dipindahkan atau diubah tanpa memuat ulang halaman. Misalnya, fitur slideshow foto, animasi, penyelesaian survei, dll. JavaScript biasanya bekerja dengan HTML dan CSS. Dimana HTML digunakan untuk membuat struktur situs web dan CSS digunakan untuk menata halaman web. Selanjutnya, JavaScript berperan dalam menambahkan elemen interaktif untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.

Misalnya, ketika Anda menyukai dan mengomentari Twitter. Anda dapat melihat jumlah suka dan komentar secara real time tanpa memuat ulang.

Bagaimanapun, JavaScript pada awalnya adalah bahasa pemrograman yang hanya bekerja di sisi klien atau front-end. Artinya, eksekusi kode hanya dilakukan di browser. Pada saat itu, Google membuat bahasa pemrograman ini sangat populer dengan menggunakan AJAX untuk fungsi rekomendasi pencarian. AJAX, alias JavaScript dan XML, adalah teknik untuk memperbarui data halaman web tanpa memuat ulang. Sejak itu, banyak pengembang mulai menggunakan bahasa pemrograman JavaScript untuk membuat situs web yang lebih menarik dan atraktif.

Baca Juga  5 Cara Dapat Uang 500rb Sehari Dengan Mudah Menjadi Freelancer

Dengan perkembangannya, JavaScript dapat digunakan tidak hanya di sisi klien, tetapi juga di sisi server. Bahasa pemrograman ini dapat diimplementasikan di sisi server menggunakan kerangka kerja JavaScript seperti Node.js, React.js, dll.

Seiring dengan kerangka kerja, banyak pengembang backend mulai melihat lebih dekat bahasa pemrograman JavaScript. Ini adalah bagaimana produk end-to-end seperti aplikasi mobile, aplikasi web dan game online lahir.

Ada beberapa fungsi JavaScript: dari membuat situs web lebih menarik, membuat aplikasi seluler, membuat game, dan menjalankan server web.

5. MySQL/Postgres

MySQL/Postgres

Salah satu yang memungkinkan halaman untuk mengubah dan menampilkan data baru dalam database. Basis data dapat digunakan untuk membuat sistem yang berisi data yang dibuat oleh administrator dan orang-orang yang memiliki akses ke situs web. Perkembangan website seperti media sosial (Facebook, Instagram, dll), platform belanja (Dokopedia, Bugalapak, dll) dan berbagai jenis website tidak lepas dari hadirnya teknologi database.

Salah satu database paling populer untuk pengembangan web adalah MySQL, yang gratis untuk digunakan. Untuk organisasi yang membutuhkan kinerja database yang lebih baik dengan fitur tambahan, Postgres dapat menggunakan SQL atau teknologi lainnya.

MySQL adalah sistem manajemen basis data (database management) yang menggunakan primitif SQL (Structured Query Language) yang terkenal. Sistem manajemen basis data MySQL (DBMS) multi-pengguna dan multi-utas ini digunakan oleh lebih dari 6 juta pengguna di seluruh dunia. MySQL adalah database open source dengan dua bentuk lisensi: gratis dan shareware.

Dengan demikian, MySQL adalah server database gratis yang dilisensikan di bawah GNU General Public License (GPL), sehingga Anda dapat menggunakannya untuk keperluan pribadi atau komersial tanpa membayar lisensi yang ada. Seperti disebutkan di atas, MySQL termasuk dalam kategori RDBMS (Relational Database Management System). Oleh karena itu, istilah seperti baris, kolom, array digunakan dalam program database ini. Misalnya, database MySQL berisi satu atau lebih tabel.

SQL adalah bahasa yang digunakan untuk mengambil data dalam database relasional atau database terstruktur. Jadi, MySQL adalah sistem manajemen basis data yang menggunakan SQL sebagai bahasa komunikasi antara perangkat lunak aplikasi dan server basis data.

6. WordPress

wordpress logo

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS). Dengan CMS situs web seperti WordPress, Anda dapat dengan mudah membuat situs web tanpa mempelajari banyak hal teknis. Namun, tentunya untuk membuat image yang cantik dan profesional, Anda harus menggunakan tema gratis atau berbayar. Membuat topik adalah salah satu keterampilan yang paling banyak dipelajari dan dicari. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari cara membuat plugin untuk menambahkan fitur sesuai kebutuhan.

WordPress, sebuah CMS, memungkinkan Anda membuat dan mengelola situs web tanpa coding. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan, menambahkan fitur, dan membuat konten di situs web Anda. Oleh karena itu, sangat cocok bahkan untuk pemula.

Tidak hanya itu, karena WordPress adalah open source, Anda dapat menggunakannya secara gratis. Namun, sebelum menggunakannya untuk membangun sebuah website, Anda harus terlebih dahulu memilih antara WordPress.com dan WordPress.org.

Apa itu WordPress.com? Ini adalah layanan pembuatan website menggunakan platform WordPress. Layanan ini menawarkan hosting dan domain dalam versi gratis dan berbayar. Tidak perlu membayar untuk membeli domain Anda sendiri, ID domain, .com, .net, atau ekstensi lainnya. Harga domain tidak terlalu mahal, tapi pasti bisa terjangkau. Sayangnya, WordPress.com memiliki banyak keterbatasan, mulai dari fitur hingga sumber daya.

WordPress.org adalah situs web yang menawarkan platform WordPress secara gratis. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu membeli hosting dan domain. Ini adalah metode yang paling umum digunakan karena memberi Anda kebebasan untuk mengelola situs Anda dengan lebih baik.

7. Laravel

Laravel

Pengembangan website dinamis seperti di atas dapat dilakukan dengan mempelajari HTML, CSS dan Javascript. Namun, butuh banyak waktu untuk menggunakan teknik ini. Untuk memudahkan pengembang web menggunakan sekumpulan skrip atau pustaka, kita dapat mengembangkan kerangka kerja seperti bootstrap untuk membuat antarmuka pengguna lebih pendek dan lebih mudah.

Banyak kerangka kerja pengembangan web juga telah dikembangkan dalam hal kemampuan pengembangan web. Selain Code Igniter, Symfony dan Yii yang populer dan banyak digunakan, Laravel saat ini merupakan framework pengembangan web paling populer untuk pengembang web. Laravel memiliki beberapa fitur yang mempercepat proses pengembangan web dan dilengkapi dengan fitur keamanan dan banyak fitur canggih lainnya.

PHP adalah bahasa pemrograman yang sangat dinamis, tetapi menjadi lebih kuat, lebih cepat, lebih aman dan lebih sederhana sejak Laravel.

Setiap kali versi yang lebih baru dirilis, Laravel selalu merilis teknologi baru, termasuk kerangka kerja PHP. Faktanya, banyak CMS Laravel yang telah keluar dan sekarang siap digunakan.

Laravel diluncurkan pada tahun 2011 dan telah berkembang pesat. Pada tahun 2015, Laravel adalah framework paling populer di Github. Sekarang framework ini telah menjadi salah satu yang paling populer di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Beberapa tutorial Laravel juga muncul di berbagai platform untuk memandu pengguna.

Laravel berorientasi pada pengguna akhir. Ini berarti Anda harus fokus pada kejelasan dan kesederhanaan, baik dalam pembuatan maupun rendering, untuk membuat fungsi aplikasi web yang berfungsi dengan baik. Ini memungkinkan pengembang dan perusahaan untuk menggunakan kerangka kerja ini dari proyek kecil hingga perusahaan skala lanjutan.

Dianggap sebagai “kerangka kerja PHP untuk pengrajin web,” Laravel mengubah pengembangan situs web menjadi sesuatu yang elegan, ekspresif, dan menyenangkan. Laravel juga menyederhanakan proses pengembangan situs web dengan beberapa fitur hebat seperti mesin templating, perutean, dan modularitas.

Laravel menawarkan beberapa keuntungan ketika Anda menggunakan framework dasar ini untuk membangun sebuah website atau blog.

  • Pertama, situs web dapat diperluas (mudah dikembangkan).
  • Kedua, ada ruang nama dan tampilan yang membantu Anda mengatur dan mengelola sumber daya situs Anda.
  • Ketiga, Laravel dapat diintegrasikan dengan berbagai komponen kerangka kerja lain untuk mengembangkan situs web, yang mempercepat proses pengembangan dan menghemat waktu.

8. Firebase

Firebase

Dalam sebagian besar situasi pengembangan web, data yang Anda butuhkan tidak memerlukan hubungan yang rumit. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat memproses data dalam jumlah yang sangat besar dengan waktu pemrosesan yang cepat. Ketersediaan sistem komputasi awan yang berbeda, seperti Amazon Web Service (AWS), Microsoft Azure atau Google Cloud, menawarkan solusi kepada pengembang web yang memungkinkan mereka untuk fokus pada fungsi web daripada bekerja dengan server.

Dalam hal ini, Firebase yang merupakan bagian dari Google Cloud merupakan solusi yang digunakan untuk menyimpan data tersebut. Firebase menggunakan sistem yang disebut NoSQL untuk memungkinkan pengguna memanfaatkan kemampuan menyimpan data dalam jumlah besar dan memperbaruinya dengan mudah.

9. ReactJS

ReactJS

Seperti disebutkan sebelumnya, JavaScript adalah salah satu teknologi yang mendukung pembuatan situs web dinamis dan tidak mengharuskan pengguna untuk menampilkan data baru tanpa memuat ulang seluruh halaman web. Namun, mempelajari cara menggunakan JavaScript untuk manusia relatif sulit dan membutuhkan banyak upaya untuk membuat fitur lanjutan.

Facebook telah mengembangkan kerangka kerja JavaScript yang membantu pengembang web menggunakannya untuk mengembangkan web dinamis dengan cara yang mudah dan ringkas. Mempelajari ReactJS juga akan bermanfaat bagi para programmer, karena akan menjadi dasar pembelajaran React Native, yang nantinya akan memungkinkan Anda menggunakan React untuk membuat aplikasi mobile lintas platform yang dapat Anda buat untuk sistem operasi iOS dan Android.

10. GitHub

github

Dalam pengembangan web dan jenis aplikasi lainnya, pemrogram sering mengalami kesulitan untuk melacak perkembangannya. Selain itu, programmer yang bekerja dalam tim sering kali kesulitan dalam berkolaborasi. Dalam hal ini, pemrogram perlu mempelajari sistem transisi yang memudahkan pemeliharaan versi berbeda dari program yang dikembangkan dan memungkinkan tim untuk berkolaborasi.

GitHub adalah situs web yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola kode proyek. Anda dapat membuat kode atau mengunggahnya ke GitHub dan kemudian membuat kode secara online. Ini dimungkinkan karena GitHub bergantung pada dua sistem utama: kontrol versi dan Git.

Kontrol versi adalah sistem yang mencatat semua perubahan kode dalam suatu proyek. Ini penting untuk memungkinkan sistem melihat riwayat lengkap perubahan kode.

Git juga merupakan alat kontrol versi terdistribusi yang membuat riwayat perubahan kode tersedia untuk semua orang dalam suatu proyek. Ini bukan hanya pembuat kode sederhana seperti versi sederhana.

Git tidak terlalu cocok untuk pemula karena hanya dapat digunakan melalui baris perintah. Namun, GitHub memungkinkan Anda untuk menggunakan Git dengan antarmuka pengguna (UI) yang mudah dipahami.

Jadi kode apa yang bisa Anda kelola di GitHub? GitHub sendiri mendukung beberapa bahasa pemrograman populer, antara lain C++, Java, PHP, dan Python.

Menariknya, Anda dapat menggunakan GitHub secara gratis untuk membuat proyek tanpa batas. Namun, ada juga versi berbayar mulai dari $4 per bulan per orang jika Anda menginginkan fitur tambahan seperti keamanan yang lebih baik dan dukungan langsung dari tim GitHub.

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu GitHub, saatnya mempelajari apa yang dilakukan GitHub.

Selain 10 di atas, apakah ada keterampilan pengembangan web lain yang perlu saya pelajari?

Seperti yang dibahas dalam 10 keterampilan pengembangan web sebelumnya, daftar ini adalah pendapat pribadi penulis, dan keterampilan lain mungkin dianggap harus dibaca oleh programmer lain. Berikut adalah salah satu video yang diposting oleh TraversyMedia.com yang memberi Anda gambaran umum tentang teknologi pengembangan web untuk dijelajahi pada tahun 2022.

Semua orang harusnya belajar teknologi pengembangan web sekarang ini. Teknologi ini memungkinkan orang untuk mengembangkan bisnis sendiri secara berlebihan, tanpa ada biaya yang tinggi dari perusahaan atau investasi finansial lainnya. Dengan cara memulai bisnis dengan teknologi web inilah anda akan mendapatkan keuntungan terbesar di masa depan. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Back to top button