Gaya Hidup

10 Hal yang Selama Ini Salah Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek!

Tahun Baru Imlek 2023 akan jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023 jadi Tahun Kelinci air, tahun baru imlek atau Lunar Year sebagaimana perayaan kebudayaan pada umumnya, biasanya diwarnai dengan berbagai macam aturan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan (kebanyakan sih tidak boleh dilakukan!) bagi mereka yang merayakannya.

Hal tersebut dikarenakan perayaan ini merupakan festival yang dirayakan untuk mengantarkan tahun baru yang penuh dengan kebahagiaan, kemakmuran, kesehatan dan keberuntungan.

Berkaitan dengan hal itu, banyak orang yang memilih untuk tidak melakukan apa pun yang dianggap tabu secara turun menurun dari nenek moyang, karena mereka tidak ingin mengambil risiko yang dapat membawa kesialan di tahun yang baru.

Jadi, jika kamu bertanya-tanya tentang apa saja yang harus dihindari di tahun baru Imlek ini agar tahun baru kamu lebih baik, teruslah lanjutkan membaca!

Membersihkan rumah

Walaupun sangat menyenangkan untuk menjaga rumah tetap bersih bagi para tamu di hari raya Imlek ini, namun apakah hal ini akan membuat hilangnya kesempatan untuk mendapatkan keberuntungan?

Orang-orang disarankan untuk tidak melakukan bersih-bersih rumah selama Tahun Baru Imlek, karena menyapu lantai, membuang sampah, dan membuang air ke luar rumah dianggap sebagai simbol menyingkirkan kekayaan dan keberuntungan di dalam rumah.

Itulah mengapa banyak orang yang melakukan bersih-bersih rumah sebelum Tahun Baru Imlek! Supaya semua kemalangan di tahun sebelumnya bisa dihilangkan.

Mencuci rambut dan pakaian

Mirip dengan bersih-bersih rumah, disarankan untuk tidak mencuci atau memotong rambut pada hari pertama Imlek, karena hal itu dapat menghilangkan keberuntungan untuk 364 hari ke depan. Dalam bahasa Tionghoa, karakter yang sama digunakan untuk “rambut” (发) dan “menjadi kaya” (发财).

Beberapa orang bahkan sampai tidak mencuci pakaian mereka selama dua hari pertama di tahun baru Imlek, karena dua hari ini dirayakan sebagai hari ulang tahun Dewa Air. Karena air melambangkan kekayaan, menuangkan air setelah mencuci pakaian dapat menyinggung Dewa Air dan mengindikasikan hilangnya kekayaan.

Makan bubur dan memiliki gentong beras yang kosong

Bubur dikenal sebagai makanan orang miskin sebab di masa lalu, orang miskin hanya mampu membeli bubur yang terbuat dari beras. Jadi, diyakini bahwa seseorang harus menghindari makan bubur pada hari pertama tahun baru Imlek karena bisa menjadi pertanda terjadinya kelaparan dan kemiskinan di tahun yang akan datang.

Dengan kata lain, pastikan untuk mengisi wadah beras pada malam Tahun Baru Imlek, karena gentong beras yang penuh identik dengan situasi keuangan yang stabil dan baik.

Meminjamkan dan meminjam uang

Jika memiliki utang uang kepada siapa pun, menyelesaikan utang secara proaktif sebelum Tahun Baru Imlek adalah hal yang umum dilakukan karena meminta pembayaran utang dianggap menyinggung perasaan. Selain itu, sebaiknya hindari meminjam uang pada hari pertama tahun baru Imlek, karena meminjamkan uang dianggap sebagai pertanda sial yang mengindikasikan kerugian finansial.

Minum obat dan pergi ke rumah sakit

Dianjurkan untuk tidak membuat ramuan obat herbal, mengonsumsi obat apa pun, atau pergi ke rumah sakit selama Tahun Baru Imlek, kecuali benar-benar diperlukan, karena semua itu bisa berarti membuat kita menderita sakit sepanjang tahun tanpa bisa sembuh secara total.

Baca Juga  Bagaimana Cara Belanja Di Alibaba?

Menggunakan gunting dan jarum

Penggunaan gunting dan jarum selama Tahun Baru Imlek tidak dianjurkan karena dianggap akan menimbulkan pertengkaran dengan orang lain. Jadi, jika kamu mencoba untuk menjaga kedamaian di tahun 2023 dan tidak bertengkar dengan keluarga, tetangga, kolega, dan orang lain, hindari gunting dan jarum selama Tahun Baru Imlek!

Memecahkan sebuah benda

Memecahkan benda-benda melambangkan ketidaklengkapan dan nasib buruk. Diyakini bahwa memecahkan mangkuk, piring, atau gelas selama Tahun Baru Imlek dapat menyebabkan kerugian materi, kemalangan, dan kehancuran keluarga.

Jika tidak sengaja memecahkan sesuatu, cara terbaik untuk memulihkan keadaan adalah dengan menggunakan kertas atau kain merah untuk membersihkan pecahan kaca dan mengucapkan “Sui Sui Ping An”, yang berarti aman dan sehat sepanjang tahun.

Menangis

Diyakini bahwa tangisan seorang anak dapat membawa penyakit serta nasib buruk bagi seluruh keluarga. Jadi, setidaknya untuk hari pertama di tahun baru Imlek, keluarga disarankan untuk melakukan upaya semaksimal mungkin untuk mencegah anak menangis.

Bahkan jika tidak percaya pada takhayul ini, akan sangat membantu jika tidak ada anak yang menjerit-jerit di saat semua orang mencoba untuk bergembira, jadi, bagaimanapun juga, hal ini tetap menguntungkan!

Pulang ke rumah

Menurut tradisi Tionghoa, sudah menjadi kebiasaan bagi seorang anak perempuan untuk meninggalkan rumah masa kecilnya dan pindah bersama suami beserta keluarganya setelah menikah. Meskipun hal ini kurang dipraktikkan saat ini, bagi wanita yang tinggal bersama orang tua suami mereka, mereka tidak diizinkan untuk mengunjungi orang tua mereka sendiri pada hari pertama Tahun Baru Imlek.

Hal ini karena pulang ke rumah diyakini akan membawa nasib buruk dan menghalangi kekayaan bagi keluarga wanita tersebut.

Membangunkan seseorang dan tidur siang

Ini adalah hari pertama Tahun Baru Imlek dan mungkin saja kalian merasa ingin membangunkan saudara atau orang tua kalian, tetapi takhayul mengatakan bahwa kita tidak boleh membangunkan tidur saudara atau orang tua kalian, karena hal ini dapat menyebabkan orang yang dibangunkan merasa gelisah di tahun yang baru akan merasakan merasa lelah, gugup, dan memiliki keinginan untuk bekerja.

Juga dipercaya bahwa sebaiknya tidak tidur siang pada hari pertama tahun baru Imlek, karena hal ini dapat membuat malas di tahun yang baru.

Akhir Kata

Entah apakah kamu mempercayai pantangan-pantangan ini atau tidak, perlu dicatat bahwa pesan di balik semua pantangan ini nampaknya bahwa kita harus memulai tahun baru dengan pola pikir yang positif, sehingga hal ini akan menentukan suasana untuk tahun depan yang lebih baik.

Penting juga untuk menyesuaikan perkataan dan tindakan kita dengan pola pikir positif karena pada akhirnya, semua itu adalah hal-hal yang akan memiliki konsekuensi dalam kehidupan nyata.

Artikel Terkait

Back to top button