KesehatanGaya Hidup

5 Aplikasi Penghitung Kalori Makanan Terbaik

Aplikasi penghitung kalori makanan adalah aplikasi yang berguna untuk menghitung jumlah kalori yang terkandung dalam makanan yang sedang dimakan. Hal ini tentunya dapat membantu untuk mengelola asupan kalori harian dan mencapai tujuan gizi yang diinginkan apabila sedang menjalankan program diet. Terdapat banyak sekali aplikasi penghitung kalori makanan yang tersedia baik untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi Android via Google Play atau iOS via App Store.

Penulis sudah melakukan uji coba beberapa aplikasi penghitung kalori makanan dan akan memberikan informasi kepada pembaca aplikasi yang populer dengan jumlah install yang banyak serta review yang bagus dari para penggunanya. Oke tanpa basa basi berikut daftar aplikasi untuk menghitung kalori makanan dibawah ini

Aplikasi penghitung kalori makanan MyFitnessPal

Aplikasi penghitung kalori makanan MyFitnessPal

Tidak usah diragukan lagi tentang aplikasi yang satu ini, karena sudah di download 100 juta lebih pengguna dengan rating bintang 4 ke atas, tentunya tidak usah diragukan lagi tentang fitur yang dimilikinya.

Untuk menggunakan aplikasi MyFitnessPal di smartphone, pertama-tama perlu mendownload aplikasi tersebut dari MyFitnessPal – Aplikasi di Google Play atau MyFitnessPal: Calorie Counter on the App Store (apple.com). Setelah aplikasi terinstall di ponsel, buka aplikasi tersebut dan ikuti langkah berikut untuk memulai menggunakannya:

  1. Buat akun MyFitnessPal: Kamu perlu membuat akun MyFitnessPal untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Akun bisa dibuat dengan mengklik tombol “Sign Up” di halaman utama aplikasi dan mengisi formulir yang disediakan.
  2. Masukkan informasi tentang diri: Setelah membuat akun, nanti akan diminta untuk memasukkan informasi tentang diri, seperti jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan usia. Data ini nantinya akan digunakan sebagai informasi untuk menghitung kebutuhan kalori harian yang sesuai dengan diri kamu.
  3. Tentukan tujuan gizi: Selanjutnya, perlu menentukan tujuan dan program gizi yang akan dilakukan  seperti menurunkan berat badan, mempertahankan berat badan, atau menambah berat badan. Aplikasi akan menggunakan tujuan ini untuk menghitung asupan kalori yang tepat dengan program gizi milik kamu.
  4. Masukkan makanan yang dimakan: Kamu bisa memasukkan makanan yang sedang dimakan dengan mengklik tombol “+” di bagian atas layar. Kemdian pilih makanan dari daftar yang tersedia atau memasukkan informasi makanan secara manual. Setelah memasukkan makanan, aplikasi akan menghitung jumlah kalori, protein, lemak, dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya.
  5. Lihat laporan gizi: Kamu bisa melihat laporan gizi harian dengan mengklik tombol “Laporan” di bagian bawah layar. Laporan ini akan menampilkan jumlah kalori, protein, lemak, dan karbohidrat yang dikonsumsi harian, serta perbandingannya dengan kebutuhan harian yang sesuai dengan program kamu.

Tentunya walaupun banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini, ternyata aplikasi MyfitnessPal tidak luput dari kekurangan nah penulis akan menjabarkan apa saja kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini

Kelebihan:

  • Database makanan yang luas: MyFitnessPal memiliki database yang sangat luas yang berisi informasi nutrisi tentang ribuan makanan dan minuman. Hal ini tentunya dapat dengan mudah menemukan makanan yang sedang dimakan dan mengetahui jumlah kalori, protein, lemak, dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya.
  • Pencatatan makanan yang mudah: Aplikasi ini memudahkan untuk memasukkan makanan yang sedang dimakan dengan menyediakan daftar makanan yang bisa dipilih atau memungkinkan untuk memasukkan informasi makanan secara manual.
  • Laporan gizi yang detil: Aplikasi ini menyediakan laporan gizi yang detil yang menunjukkan jumlah kalori, protein, lemak, dan karbohidrat yang dikonsumsi harian, serta perbandingannya dengan kebutuhan harian sesuai dengan program atau tujuan gizi yang sudah di setting di awal.
  • Terintegrasi dengan aplikasi fitness lain: MyFitnessPal dapat diintegrasikan dengan aplikasi fitness lain seperti Google Fit atau Apple Health, sehingga kamu dapat melacak aktivitas fisik secara terintegrasi.
  • Gratis: Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk didownload dan digunakan.

Kekurangan:

  • Tidak semua makanan tersedia: Meskipun database makanan MyFitnessPal cukup besar, akan tetapi tidak semua makanan yang ada di dunia ini tersedia di dalamnya. Ini bisa menjadi masalah bagi kamu yang sering makan makanan khusus atau makanan yang tidak umum.
  • Estimasi kalori mungkin tidak akurat: MyFitnessPal menghitung jumlah kalori dengan menggunakan informasi yang tercantum dalam database makanan. Namun, estimasi ini mungkin tidak selalu akurat, terutama jika kamu memasukkan informasi makanan secara manual.
  • Tidak mengatur jenis makanan yang dikonsumsi: MyFitnessPal hanya menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi, tidak memperhatikan jenis makanan yang dimakan. Ini berarti kamu dapat memenuhi kebutuhan kalori harian dengan makanan yang tidak sehat, selama asupan kalori sudah sesuai dengan tujuan atau program gizi kamu..

Overall, MyFitnessPal merupakan aplikasi penghitung kalori makanan yang berguna bagi yang ingin mengelola asupan kalori harian. Namun, harus memperhatikan kekurangan aplikasi ini dan tidak hanya mengandalkan aplikasi ini sebagai satu-satunya sumber informasi tentang nutrisi makanan.

Aplikasi penghitung kalori makanan FatSecret

Aplikasi penghitung kalori makanan FatSecret

Aplikasi ini juga memiliki database makanan yang cukup luas dan memungkinkan untuk mencatat makanan yang dimakan secara manual atau cukup dengan mengambil foto makanan, praktis bukan karena kan kalau lagi makan pasti repot kalau mesti ngetik juga sehingga fitur inilah yang membedakan dari aplikasi MyFitnessPal. Aplikasi ini juga menyediakan laporan gizi yang detil, Untuk menggunakan aplikasi ini ikuti langkah berikut

  1. Unduh dan instal aplikasi FatSecret di Penghitung Kalori FatSecret – Aplikasi di Google Play atau Penghitung Kalori – FatSecret di App Store (apple.com)
  2. Buka aplikasi dan buat akun. Kamu akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi dasar tentang diri sendiri, seperti umur, jenis kelamin, dan tinggi badan.
  3. Setelah membuat akun, Kamu bisa mengatur tujuan pengaturan untuk nutrisi yang dibutuhkan. Misalnya, jika ingin menurunkan berat badan, maka dapat mengatur tujuan pengurangan berat badan dan mengatur asupan kalori harian.
  4. Mulailah mencatat makanan yang sedang dimakan dengan menggunakan fitur “Catatan Harian Makanan” di aplikasi. Kamu dapat mencari makanan yang sedang dimakan dari daftar yang sudah disediakan oleh aplikasi, atau memasukkan makanan secara manual dengan mengetahui kandungan nutrisi dari makanan tersebut bisa juga memfoto makanan tersebut nantinya akan muncul informasti terkait makanan itu.
  5. Gunakan fitur “Catatan Latihan Harian” untuk mencatat kegiatan olahraga yang dilakukan. Kamu dapat mencari kegiatan olahraga yang dilakukan di daftar yang sudah disediakan oleh aplikasi, atau memasukkan kegiatan olahraga secara manual dengan mengetahui kalori yang terbakar dari kegiatan tersebut.
  6. Lihat laporan nutrisi dan olahraga di bagian “Laporan” untuk melihat bagaimana asupan nutrisi dan kegiatan olahraga yang berubah dari waktu ke waktu.

Walaupun aplikasi FatSecret memiliki fitur yang lebih menarik akan tetapi aplikasi ini juga memiliki kekurangan dan kelebihannya penulis akan menjabarkan dibawah ini

Kelebihan:

  • Aplikasi ini mudah digunakan dan memiliki interface yang intuitif.
  • Aplikasi ini menyediakan daftar makanan dan kegiatan olahraga yang luas, sehingga dapat dengan mudah mencari makanan atau kegiatan olahraga yang dicari.
  • Aplikasi ini menyediakan laporan nutrisi dan olahraga yang detail, sehingga dapat melacak perkembangan nutrisi dan olahraga dari waktu ke waktu.
  • Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store dan tersedia dalama bahasa Indonesia.

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mungkin merasa bahwa daftar makanan yang disediakan oleh aplikasi kurang lengkap.
  • Aplikasi ini mungkin tidak dapat menangani jenis makanan yang kurang umum atau tidak lazim.
  • Beberapa pengguna mungkin merasa bahwa laporan nutrisi dan olahraga yang disediakan oleh aplikasi terlalu detail dan sulit untuk dipahami.
  • Aplikasi ini tidak tersedia dalam bahasa Indonesia.
Baca Juga  Manfaat Blood Pressure Pro apk Bagi Penderita Hipertensi

Aplikasi penghitung kalori makanan Lifesum

Aplikasi penghitung kalori makanan Lifesum

Lifesum adalah aplikasi penghitung kalori makanan dan kebugaran yang memungkinkan untuk membantu memutuskan apa arti gaya hidup yang sehat bagi penggunanya. Aplikasi ini memiliki banyak sekali rekomendasi dan saran untuk program atau tujuan gaya hidup sehat. Hanya sedikit aplikasi penurunan berat badan lainnya yang sefleksibel Lifesum terhadap persyaratan diet, tujuan, dan kebutuhan nutrisi setiap individu.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan aplikasi Lifesum:

  1. Download aplikasi Lifesum di Lifesum: Healthy Eating & Diet – Aplikasi di Google Play atau Lifesum: Healthy Eating di App Store (apple.com).
  2. Buka aplikasi dan buat akun dengan mengikuti instruksi yang diberikan.
  3. Setelah membuat akun, kamu akan diminta untuk mengisi informasi dasar tentang dirimu, seperti jenis kelamin, usia, tinggi, dan berat badan.
  4. Selanjutnya, aplikasi akan menanyakan tentang tujuanmu dalam menggunakan Lifesum. Kamu bisa memilih tujuan seperti menurunkan berat badan, menjadi lebih sehat, atau lainnya.
  5. Setelah itu, aplikasi akan memberikan rekomendasi jadwal makan dan olahraga sesuai dengan tujuanmu. Kamu bisa menyesuaikan jadwal tersebut sesuai kebutuhanmu.
  6. Kamu bisa memasukkan makanan yang kamu makan ke dalam aplikasi dengan mencari dari daftar yang tersedia atau dengan memasukkan secara manual. Aplikasi akan menghitung kalori yang kamu konsumsi dan memberikan laporan tentang asupan nutrisimu.
  7. Kamu juga bisa melakukan olahraga dan mencatatnya di aplikasi untuk mengetahui berapa kalori yang terbakar.
  8. Aplikasi juga menyediakan beberapa fitur tambahan, seperti artikel-artikel tentang gaya hidup sehat, rekomendasi makanan, dan lainnya. Kamu bisa mengeksplor fitur-fitur tersebut sesuai kebutuhanmu.

Kelebihan:

  • Membantu mengatur pola makan dan olahraga
  • Menghitung asupan nutrisi dan kalori secara otomatis
  • Menyediakan jadwal makan dan olahraga yang disesuaikan dengan tujuanmu
  • Menyediakan artikel-artikel tentang gaya hidup sehat

Kekurangan:

  • Harga langganan aplikasi yang menurut penulis cukup mahal
  • Tidak tersedia dalam Bahasa Indonesia

Aplikasi penghitung kalori makanan MyPlate by Livestrong

Aplikasi penghitung kalori makanan MyPlate by Livestrong

Aplikasi penghitung kalori makanan ini dibuat oleh ahli gizi Keri Glassman, rencana makan MyPlate terdiri dari makanan sederhana yang mudah disiapkan yang memberi asupan kalori rendah yang dibutuhkan tetapi masih terasa enak dan nyaman. MyPlate oleh Livestrong ditargetkan untuk membantu pengguna menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan. Aplikasi penghitung kalori makanan ini dianugerahi Penghargaan Webby Award Tahunan ke-22 dalam kategori Situs dan Aplikasi Seluler dengan Fungsi Desain Visual Terbaik.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan aplikasi MyPlate:

  1. Download aplikasi MyPlate di MyPlate Calorie Tracker – Aplikasi di Google Play atau MyPlate Calorie Counter on the App Store (apple.com).
  2. Buka aplikasi dan buat akun dengan mengikuti instruksi yang diberikan.
  3. Setelah membuat akun, kamu akan diminta untuk mengisi informasi dasar tentang dirimu, seperti jenis kelamin, usia, tinggi, dan berat badan.
  4. Selanjutnya, aplikasi akan menanyakan tentang tujuanmu dalam menggunakan MyPlate, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan masa otot, atau lainnya.
  5. Setelah itu, aplikasi akan memberikan rekomendasi asupan nutrisi sesuai dengan tujuanmu. Kamu bisa menyesuaikan rekomendasi tersebut sesuai kebutuhanmu.
  6. Kamu bisa memasukkan makanan yang kamu makan ke dalam aplikasi dengan mencari dari daftar yang tersedia atau dengan memasukkan secara manual. Aplikasi akan menghitung asupan nutrisimu dan memberikan laporan tentangnya.
  7. Aplikasi juga menyediakan fitur tambahan, seperti artikel tentang gaya hidup sehat, rekomendasi makanan, dan lainnya.

Kelebihan:

  • Membantu mengatur pola makan dan mencapai tujuan nutrisi yang sehat
  • Menghitung asupan nutrisi secara otomatis
  • Menyediakan rekomendasi asupan nutrisi yang disesuaikan dengan tujuanmu
  • Menyediakan artikel-artikel tentang gaya hidup sehat

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mungkin merasa terbebani dengan harus mencatat makanan yang dikonsumsi setiap hari
  • Harga langganan aplikasi tidak murah
  • Tidak tersedia dalam Bahasa Indonesia

Aplikasi penghitung kalori makanan Nutritionix Track

Aplikasi penghitung kalori makanan Nutritionix Track 

Nutritionix Track adalah aplikasi pelacakan kebugaran yang dikembangkan dan dikelola oleh tim ahli diet yang terdaftar. Menjadikan alat untuk memantau kebugaran dengan menyesuaikan kebiasaan kamu sehari-hari.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan aplikasi Nutritionix Track:

  1. Download aplikasi Nutritionix Track di Track – Calorie Counter – Apps on Google Play atau Nutritionix Track on the App Store (apple.com).
  2. Buka aplikasi dan buat akun dengan mengikuti instruksi yang diberikan.
  3. Setelah membuat akun, kamu akan diminta untuk mengisi informasi dasar tentang dirimu, seperti jenis kelamin, usia, tinggi, dan berat badan.
  4. Selanjutnya, kamu bisa memasukkan makanan yang kamu makan ke dalam aplikasi dengan mencari dari daftar yang tersedia atau dengan memasukkan secara manual. Aplikasi akan menghitung asupan nutrisimu dan memberikan laporan tentangnya.
  5. Kamu juga bisa melakukan olahraga dan mencatatnya di aplikasi untuk mengetahui berapa kalori yang terbakar.
  6. Aplikasi juga menyediakan beberapa fitur tambahan, seperti rekomendasi makanan, tracker air minum, dan lainnya. Kamu bisa mengeksplor fitur-fitur tersebut sesuai kebutuhanmu.

Kelebihan:

  • Membantu mengatur pola makan dan menghitung asupan nutrisi yang kamu konsumsi
  • Menyediakan daftar makanan yang lengkap
  • Menyediakan fitur tracker air minum yang bisa membantu kamu mengatur asupan cairanmu
  • Tersedia dalam bahasa Indonesia

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mungkin merasa terbebani dengan harus mencatat makanan yang dikonsumsi setiap hari
  • Harga langganan aplikasi terlalu mahal untuk sebagian orang
  • Beberapa pengguna mungkin merasa tidak puas dengan saran dan rekomendasi program kesehatan yang diberikan oleh aplikasi
  • Tidak semua orang cocok dengan rekomendasi asupan nutrisi yang diberikan oleh aplikasi

Akhir kata

Dengan adanya banyak pilihan terkait aplikasi penghitung kalori makanan dengan fitur yang berbeda-beda akan tetapi tetap memiliki satu tujuan yaitu untuk memastikan program atau tujuan gizi anda tercukupi, sehingga bisa membuat badan sehat dan bugar. Penulis memberikan saran agar mencoba semua aplikasi diatas dan membandingkan data yang dihasilkan, nanti kamu akan mengetahui data dari aplikasi mana yang betul-betul membantu. Untuk kegiatan olah raga tambahan mungkin Senam Dasar PSHT ini cukup menyenangkan untuk dilakukan sambil menjalankan program kebugaran kamu.

Artikel Terkait

Back to top button