Kesehatan

6 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Mulai dari flek, tanda penuaan sampai bekas luka pada wajah, banyak hal yang dapat membuat kulit wajah terlihat tidak rata. Meskipun tidak berbahaya, kulit yang tidak rata dapat mendorong beberapa orang untuk mencoba berbagai produk pencerah kulit.

Meskipun ada banyak produk dan solusi pencerah kulit yang beredar di pasaran, tidak semuanya diciptakan sama, dan beberapa bahkan bisa berbahaya. Mengetahui apa yang harus dicari dapat membantu untuk memilih pilihan yang aman jika ingin mendapatkan kulit yang lebih merata.

Hiperpigmentasi, atau flek hitam, dapat disebabkan oleh bekas jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, atau perubahan hormon tentu sangat mengganggu

“Ada berbagai krim dan serum yang dapat digunakan pasien untuk membantu memutihkan, mencerahkan, dan mengurangi area gelap dari waktu ke waktu,” katanya. David E. Bank, MD, dari NewYork-Presbyterian Hospital

Masing-masing opsi perawatan ini memiliki beberapa risiko. Baca terus untuk menemukan opsi mana yang paling cocok untuk Anda.

Krim dan Serum Mengandung Hidrokuinon

Krim dan Serum Mengandung Hidrokuinon

Mungkin solusi paling populer untuk mencerahkan kulit berdasarkan spot-by-spot adalah dengan memakai krim oles yang megandung hidrokuinon.

Sebuah studi tahun 2013 bahwa Hydroquinone memiliki manfaat potensial untuk melasma wajah, yang menunjukkan terjadinya perubahan warna pada bercak di wajah. Akan tetapi diperlukan lebih banyak lagi penelitian untuk menentukan tingkat keefektifan yang maksimal dari bahan tersebut. Sebelumnya produk kosmetik yang mengandung hidrokuinon tersedia bebas, Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat mengubah status hidrokuinon pada tahun 2021 penggunaannya sekarang hanya tersedia sebagai resep.

Meskipun dianggap aman untuk digunakan dalam produk kosmetik, konsentrasi hidrokuinon dibatasi karena menimbulkan risiko yang lebih besar pada konsentrasi yang lebih tinggi. Faktanya, di Afrika Selatan, itu tidak legal untuk penggunaan apa pun. Ini juga diklasifikasikan sebagai “diperkirakan beracun atau berbahaya” di Kanada. Ada kekhawatiran bahwa bahan ini dapat menyebabkan kanker, tetapi penelitian yang ada sangatlah terbatas. Disarankan agar orang hanya menggunakan produk yang mengandung hidrokuinon dalam jangka pendek. Jika mengalami iritasi, penggelapan kulit yang tidak biasa, atau efek samping lainnya, segera hentikan penggunaannya.

Larutan Retinol

Larutan Retinol

Larutan retinol adalah produk perawatan kulit yang mengandung vitamin A atau retinol. Retinol merupakan salah satu komponen utama dari produk anti-penuaan kulit yang populer, karena memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit, mengurangi kerutan dan garis-garis halus, dan mengencangkan kulit.

Berikut adalah beberapa kegunaan utama larutan retinol:

  1. Mencerahkan kulit: Retinol dapat membantu mencerahkan kulit dengan mengurangi produksi melanin, pigmen yang membuat kulit terlihat lebih gelap.
  2. Mengurangi kerutan dan garis-garis halus: Retinol dapat membantu mengurangi kerutan dan garis-garis halus dengan menstimulasi produksi kolagen, protein yang membantu menjaga kekencangan kulit.
  3. Mengencangkan kulit: Retinol dapat membantu mengencangkan kulit dengan menstimulasi produksi kolagen dan elastin, protein yang membantu menjaga elastisitas kulit.
  4. Mengurangi jerawat: Retinol dapat membantu mengurangi jerawat dengan mengurangi produksi minyak di kulit dan mengurangi pembentukan komedo (jerawat batu).
  5. Mencegah penuaan dini: Retinol dapat membantu mencegah penuaan dini dengan menstimulasi produksi kolagen dan mengurangi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sebelum menggunakan larutan retinol, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan terlatih untuk mendapatkan saran dan bantuan lebih lanjut. Jangan lupa untuk membaca label produk sebelum menggunakannya, dan gunakan produk sesuai dengan petunjuk yang disarankan.

Perawatan laser untuk kulit

Perawatan laser untuk kulit

Terapi laser adalah pilihan yang lebih agresif untuk menghilangkan flek hitam, yang menggunakan energi cahaya terkonsentrasi. Beberapa perawatan laser menargetkan pigmen itu sendiri, sementara yang lain bekerja dengan menghilangkan lapisan kulit demi lapisan.

Dengan metode ini, lapisan kulit yang gelap akan terbakar.

Baca Juga  Manfaat Blood Pressure Pro apk Bagi Penderita Hipertensi

Ada beberapa jenis perawatan laser yang berbeda. Solusi ini bekerja lebih cepat daripada produk oles. Tetapi, tidak perlu dikatakan lagi, terdapat risiko.

Dengan pencerahan kulit dengan laser, Anda mungkin mengalami:

  • pembengkakan
  • kemerahan
  • sesak
  • jaringan parut
  • infeksi
  • perubahan tekstur kulit

Eksfoliator kimia

Eksfoliator kimia

Produk eksfoliasi kimia biasanya menggunakan berbagai jenis asam lembut untuk memecah sel-sel kulit mati, atau lapisan atas kulit. Menghilangkan lapisan ini dapat membantu memperlihatkan kulit yang lebih sehat dan lebih merata di bawahnya.

Meskipun banyak yang tidak menyebabkan iritasi dibandingkan eksfoliator fisik seperti lulur dengan menggunakan bahan gula, namun bahan ini juga dapat menyebabkan iritasi kulit.

Eksfolian kimiawi menggunakan bahan-bahan seperti:

  • Asam alfa hidroksi (AHA)
  • Asam azelaic
  • Asam beta hidroksi (BHA)
  • Asam glikolat
  • Asam laktat
  • Asam mandelat
  • Asam salisilat

Bahan-bahan ini dapat dibeli bebas, atau dalam bentuk yang lebih kuat dari dokter atau dokter kulit.

Penting untuk menggunakan eksfolian kimiawi dengan hati-hati karena kulit butuh waktu untuk memulihkan dan memperbaiki sendiri. Menggunakan produk yang lebih sering dari yang dimaksudkan dapat menyebabkan iritasi atau peradangan.

Beberapa kulit lebih sensitif terhadap produk kimia yang berbeda. Jika mengalami efek samping, hentikan penggunaan produk tersebut.

Solusi lain cegah flek hitam

Solusi lainnya Anda dapat menemukan produk yang ada di apotik dengan klaim kemampuan mencerahkan kulit dan “mengoreksi” melalui bahan-bahan alami. Menurut Dokter biasanya senyawa umum dalam produk ini meliputi:

  • vitamin C
  • Asam azelaic
  • Ekstrak buah delima
  • Beta karoten
  • Ekstrak licorice

Masih ada beberapa risiko dengan produk-produk ini. Kulit wajah bisa memiliki sensitivitas atau reaksi alergi terhadap hampir semua hal walaupun termasuk produk “alami”.

Menghilangkan flek hitam

Bagi kebanyakan orang, efek produk pencerah kulit sangatlah minim jika dibandingkan dengan risikonya. Menghindari kerusakan kulit sejak awal biasanya merupakan solusi terbaik. Berhati-hatilah untuk melindungi kulit wajah Anda bahkan setelah memiliki flek hitam yang akan mencegahnya semakin memburuk.

“Perlindungan matahari yang ketat adalah kunci dalam memudarkan flek hitam,” Menghubungi dokter kulit kemungkinan akan mengarahkan ke pilihan dengan prospek terbaik dan risiko paling kecil.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah, ada beberapa langkah yang dapat di coba:

  1. Gunakan produk pemutih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Beberapa produk yang dapat membantu menghilangkan flek hitam di wajah meliputi krim pemutih, serum, dan masker. Pastikan untuk membaca label produk sebelum membeli dan memahami bagaimana produk tersebut harus digunakan.
  2. Gunakan pelembab yang mengandung kandungan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu mencerahkan wajah dan mengurangi flek hitam.
  3. Gunakan produk yang mengandung kandungan alpha hydroxy acids (AHAs) atau beta hydroxy acids (BHAs). AHAs dan BHAs dapat membantu mengeksfoliasi kulit, yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan flek hitam.
  4. Jaga agar kulit tetap sehat dengan melakukan skincare rutin, seperti membersihkan wajah secara teratur, menggunakan pelembab, dan menggunakan sunscreen setiap hari.
  5. Jangan terlalu sering menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan meningkatkan produksi sebum, yang dapat menyebabkan flek hitam.
  6. Jangan menggunakan produk perawatan wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda. Ini dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi, yang dapat menyebabkan munculnya flek hitam.
  7. Jangan terlalu sering menggunakan produk yang mengandung pelembap yang terlalu berat atau menggunakan produk yang terlalu banyak, karena dapat menyebabkan munculnya flek hitam di wajah.
  8. Hindari paparan sinar matahari terlalu lama tanpa melindungi wajah dengan sunscreen atau topi. Sinar matahari dapat menyebabkan munculnya flek hitam di wajah.

Jika merasa kesulitan menghilangkan flek hitam di wajah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan yang terlatih untuk mendapatkan saran dan bantuan lebih lanjut.

Artikel Terkait

Back to top button