Bisnis

Apakah Hari Ini Adalah Hari Baik Untuk Memulai Usaha?

Memulai sebuah usaha yang baru merupakan prospek cerah untuk masa depan sehingga memerlukan banyak persiapan, hal ini sangat menjanjikan sekaligus menakutkan. Salah satu persoalan yang paling sulit adalah mengetahui kapan hari yang tepat untuk memulai suatu usaha. Apakah hari ini adalah harinya? Bagaimana jika harus menunggu beberapa minggu hingga sebulan lagi? Terdapat beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika mencoba memutuskan apakah hari ini adalah hari yang tepat untuk memulai usaha.

Dengan melakukan evaluasi pasar, mempertimbangkan manfaat dan kerugian jika memulai hari ini, dan menilai kesiapan diri sendiri, itu semua adalah faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memulai suatu usaha. Melalui persiapan yang tepat, maka dapat membuat keputusan yang tepat tentang kapan usaha tersebut akan di mulai dan memastikan bahwa tujuan utama dari usaha yang dibuat adalah untuk meraih keuntungan di masa mendatang, maka dari itu kami akan membahas hari baik untuk memulai usaha dibawah ini.

Hari Baik Buka Usaha Menurut Islam

Semua hal yang diciptakan Allah, Dia ciptakan dengan sempurna dan tidak ada hari dalam seminggu yang dikecualikan. Setiap hari memang merupakan hari yang baik dalam Islam. Namun, beberapa hari dikatakan memiliki keistimewaan tersendiri dan diperlakukan berbeda oleh umat Islam. Misalnya, umat Islam melakukan salat Jumat di tengah hari, tetapi tidak ada salat senin, salat selasa, dan seterusnya. Menurut Islam, hari yang baik untuk membuka usaha adalah hari yang dianggap sesuai dengan prinsip-prinsip etika dan moral yang dianut oleh agama. Di dalam Islam, ada beberapa hari yang dianggap kurang baik atau bahkan tidak baik sama sekali untuk membuka usaha, seperti hari Jumat dan hari-hari besar dalam Islam seperti hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Jadi, apabila merunut kepada sejarah yang telah terjadi di masa lalu terdapat beberapa kejadian pada hari Rabu, banyak yang yakin bahwa hari rabu merupakan hari yang sangat baik untuk membuka usaha. Berikut ini kenapa alasan pentingnya hari Rabu bagi setiap Muslim:

1. Hari Allah Menciptakan Cahaya

Selama penciptaan, di setiap hari, Allah menciptakan satu atau lain hal. Pada hari Rabu Allah menciptakan “Noor” (Cahaya) Untuk setiap hari dalam seminggu, Allah telah membuat ciptaan-ciptaan tertentu. Hari Rabu adalah hari cahaya. Setan memiliki hubungan yang besar dengan kegelapan dan karena hari Rabu memiliki hubungan yang kuat dengan cahaya, dengan harapan langkah apa pun yang diambil tidak akan menuju ke kegelapan dan akan berhasil.

Dari Abi Hurairah Ra, ia berkata, Rasulullah SAW, memegang tanganku seraya berkata “Allah menciptakan tanah pada hari Sabtu, dan Dia menciptakan di dalamnya gunung pada hari Ahad, menciptakan pepohonan pada hari Senin, dan menciptakan bahan-bahan mineral pada hari Selasa, serta menciptakan cahaya pada hari Rabu. Dan Dia menebarkan makhluk melata padanya pada hari kamis, dan menciptakan Adam ba’da asar hari Jum’at Shahih Muslim : 2792

2. Hari yang Baik untuk Berdoa

Tidak dapat disangkal, setiap hari adalah hari yang baik untuk berdoa, ada beberapa hari tertentu Anda akan berdoa dan doa itu akan ditolak. Seperti halnya ada hari-hari di mana anak meminta sesuatu dari ayah mereka dan tidak mendapatkannya meskipun ayah mereka memilikinya. Tetapi hari Rabu adalah salah satu hari yang indah untuk berdoa yang akan langsung diterima oleh Allah, seperti yang pernah di sabdakan oleh Nabi dibawah ini

Nabi SAW berdoa tiga kali di Masjid Al Fath, yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu.Ketika hari Rabu, doa beliau dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau.HR. Ahmad. Maktabah Syamilah, Musnad Ahmad, juz.22, h.425, No.14562

3. Setiap Pekerjaan Akan Berhasil

Salah satu hal penting lainnya dari hari Rabu adalah bahwa hari itu adalah hari yang baik untuk memulai pekerjaan. Tidak ada pekerjaan yang tidak akan berhasil jika dimulai pada hari Rabu. Bahkan Rasulullah saw bersabda,

Tiada pekerjaan yang dimulai pada hari Rabu kecuali pasti akan maksimal/sempurna.Syekh Zarnuji

4. Akhir dari Fir’aun dan bala tentaranya

Hari Rabu memanglah hari yang sangat kuat jika ingin menaklukkan setiap roh perbudakan dan penghambaan didalam hidup, hari Rabu adalah hari baik untuk memulai usaha, karena hari di mana Nabi Musa Alaihissalam menaklukkan musuh-musuhnya. Banyak musuh-musuhnya mati pada hari itu di Sungai Nil.

Namun hari rabu juga tidak akan menjamin 100% kesuksesan yang akan didapat. Oleh karena itu, jika ingin membuka usaha, disarankan agar berkonsultasi dengan seseorang yang memiliki pengalaman di bidang ini sebelum mengambil keputusan apapun.

Hari Baik Buka Usaha Menurut Primbon Jawa

Primbon Jawa

 

Dalam hal membuka usaha, astrologi Jawa bisa menjadi sumber kebijaksanaan yang terpercaya. Menurut perhitungan Jawa, hari Senin dan Kamis dianggap sebagai hari yang baik untuk membuka usaha karena membawa energi positif dan keberuntungan bagi usaha tersebut.

Selasa tidak dipandang sebagai hari yang ideal untuk usaha bisnis karena energi negatif yang terkait dengannya. Jumat, Sabtu, dan Minggu juga dianggap sebagai hari yang buruk untuk membuka usaha menurut astrologi Jawa. Hal ini karena keterkaitannya dengan kesulitan-kesulitan yang berpotensi dihadapi bisnis. Perhitungan berdasarkan astrologi Jawa harus dipertimbangkan ketika membuka usaha, karena telah dipercaya oleh banyak orang di masa lalu. Jadi, jika Anda ingin membuka bisnis menurut astrologi Jawa, Senin dan Kamis adalah hari terbaik karena membawa energi positif dan meningkatkan peluang keberhasilan – hindari hari Selasa sama sekali!

Baca Juga  Pedoman Lengkap Merintis Bisnis Dropshipping yang Menguntungkan

Hari Baik Membuka Usaha Menurut FengShui

FengShui

FengShui adalah praktik Tiongkok kuno yang membantu mengidentifikasi tanggal terbaik untuk membuka usaha. FengShui memperhitungkan berbagai aspek yang terkait dengan usaha dan pemiliknya. Tergantung pada jenis usaha yang akan dilakukan, aspek yang berbeda harus dipertimbangkan ketika mencari tanggal yang tepat untuk membuka sebuah usaha.

Misalnya, jika enjalankan bisnis perdagangan, perlu mencari tanggal dengan energi keberuntungan; sedangkan jika membuka bisnis berbasis layanan, maka energi yang terpercaya dan mudah didekati harus dicari. Tanggal yang salah masih bisa menghasilkan kesuksesan, tetapi akan lebih sulit dan membutuhkan lebih banyak usaha daripada tanggal yang tepat yang telah dipilih sejak awal.

Oleh karena itu, penting untuk meluangkan waktu ketika mempertimbangkan hari mana yang terbaik untuk membuka usaha sesuai dengan prinsip FengShui. Dengan demikian, dapat memastikan bahwa usaha yang dimulai dengan langkah yang tepat sehingga memiliki peluang yang lebih baik untuk sukses dalam jangka panjang.

Kunci Sukses Buka Usaha Dan Bisnis

Membuka sebuah usaha bukanlah tugas yang mudah. Dibutuhkan kerja keras, dedikasi, dan ketangguhan agar bisa sukses. Memiliki sifat dan karakteristik yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam menjalankan usaha yang sukses. Sayangnya, beberapa orang tidak terlahir dengan sifat-sifat ini atau mereka hanya memilih jenis usaha yang salah tidak sesuai dengan keahlian mereka.

Namun, ada tiga langkah kunci yang harus diikuti setiap orang saat membuka bisnis. Pertama, pilih bisnis yang cocok berdasarkan karakteristik dan keahlian. Kedua, bangun fondasi yang kuat untuk bisnis dengan mengembangkan tim yang efisien, menciptakan strategi pemasaran, dan menjangkau calon pelanggan. Terakhir, miliki keberuntungan di pihak Anda! Keberuntungan mungkin tampak seperti tidak ada hubungannya dengan sebuah usaha, tetapi dalam kasus-kasus tertentu, keberuntungan bisa menjadi pembeda antara kesuksesan dan kegagalan – terutama jika mencoba membuka bisnis di Indonesia atau negara lain dengan peraturan yang rumit. Tidak ada satu pendekatan yang cocok untuk semua orang dalam hal membuka usaha, tetapi tiga langkah ini akan membantu memulai jalan menuju kesuksesan!

Untuk mengetahui apakah hari ini adalah hari baik untuk memulai usaha, ada beberapa hal yang dapat di pertimbangkan:

  1. Pertimbangkan keadaan ekonomi dan pasar: Jika kondisi ekonomi dan pasar sedang baik, itu bisa menjadi tanda bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulai usaha. Anda dapat memperoleh informasi tentang kondisi ekonomi dan pasar melalui berbagai sumber seperti media cetak atau online, serta melalui pakar ekonomi atau bisnis.
  2. Pertimbangkan kebutuhan pasar: Jika ada kebutuhan pasar yang belum terpenuhi, itu bisa menjadi peluang bagi Anda untuk memulai usaha. Carilah informasi tentang kebutuhan pasar yang belum terpenuhi, dan pertimbangkan apakah usaha yang Anda rencanakan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
  3. Pertimbangkan kemampuan Anda: Pastikan bahwa Anda memiliki kemampuan yang diperlukan untuk memulai dan mengelola usaha. Jika Anda tidak memiliki pengalaman atau kemampuan tertentu, pertimbangkan untuk mencari bantuan atau pelatihan yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri sebelum memulai usaha.
  4. Pertimbangkan sumber daya yang dimiliki: Pastikan bahwa Anda memiliki sumber daya yang diperlukan untuk memulai usaha, seperti modal finansial, tenaga kerja, dan peralatan yang diperlukan. Jika Anda tidak memiliki cukup sumber daya, pertimbangkan untuk mencari dukungan atau bantuan dari sumber lain seperti investor atau bank.
  5. Pertimbangkan keputusan dengan hati-hati: Jangan terburu-buru dalam membuat keputusan tentang memulai usaha. Bicarakan dengan orang-orang terdekat Anda, terutama jika mereka memiliki pengalaman dalam bisnis, dan pertimbangkan semua faktor yang mungkin berpengaruh terhadap keberhasilan usaha Anda sebelum memutuskan untuk memulai.

Kesimpulan

Ada banyak alasan mengapa seseorang perlu membangun sebuah usaha, dan tidak semuanya bersifat finansial. Mungkin saja ingin membuat perbedaan yang kreatif, atau semata-mata ingin menghasilkan uang. Apa pun alasanya, penting untuk diketahui bahwa ada waktu yang ideal dalam setahun untuk membuka sebuah usaha.

Setelah memutuskan untuk membuka usaha apa, sangatlah penting menentukan kapan waktu yang tepat untuk menjalankan bisnis tersebut. Apakah lebih baik menunggu setelah Ramadhan, atau menunggu sampai Idul Fitri? Bulan mana yang terbaik yang sekiranya sesuai untuk bidang usaha yang akan dijalankan, dan dimana lokasi usaha yang tepat untuk mendukung Usaha Anda?

Keputusan untuk memulai usaha adalah keputusan pribadi, jadi penting untuk memutuskan apa yang paling penting bagi Anda. Jika tidak bisa memutuskan, sebaiknya membuka usaha pada hari yang terbaik menurut Anda pribadi.

Artikel Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button