Pendidikan

Tips & Contoh Prompt Menggunakan AI untuk Membuat Surat Lamaran Kerja

Dalam mencari pekerjaan, Anda ingin menjadi yang terbaik di antara pesaing lainnya. Salah satu cara utama untuk mencapai hal tersebut adalah melalui resume dan surat lamaran kerja Anda. Dan karena kedua dokumen tersebut membutuhkan waktu yang cukup untuk disempurnakan, proses pencarian pekerjaan Anda akan memakan waktu.

Maka dari itu, ketika Anda mendengar tentang cara baru untuk membuat dokumen-dokumen tersebut dengan lebih cepat dan efektif, tentu Anda tertarik! Minat ini, sebagian, menjelaskan mengapa buzz tentang kecerdasan buatan (AI) semakin meningkat setiap hari. Tiba-tiba, alat-alat AI muncul di mana-mana.

AI telah diiklankan sebagai hal terbaik yang terjadi dalam pencarian pekerjaan sejak internet lahir. Pada pandangan pertama, hal ini masuk akal. Mengapa Anda tidak akan menyerahkan beberapa tugas yang lebih intensif seperti menulis surat lamaran kepada AI? Anda dapat fokus pada membangun hubungan dan penelitian peran tanpa menghabiskan waktu yang terlalu banyak untuk dokumen lamaran kerja Anda.

Namun, ada beberapa praktik terbaik dan peringatan yang perlu diperhatikan jika Anda menggunakan AI untuk membantu menulis surat lamaran kerja Anda.

Membantu Menghemat Waktu dan Meningkatkan Efisiensi

Pernahkah Anda mencetak deskripsi pekerjaan untuk dengan hati-hati menyorot elemen-elemen kunci? Kadang-kadang kata-kata terasa mengalir dengan lancar, dan kadang-kadang terasa seperti Anda berusaha berlari dalam lumpur. Ketika Anda akhirnya menyisipkan kata-kata kunci tersebut ke dalam surat lamaran kerja Anda, mungkin Anda ragu apakah Anda sedang fokus pada elemen-elemen terbaik.

Teknologi AI dapat menghilangkan semua itu – dan dalam waktu yang sangat singkat. Benar-benar menakjubkan seberapa cepat AI dapat membuat draf pertama, kerangka, atau umpan balik. AI dapat membantu Anda mengatasi blok penulis dan mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk memilih kata-kata dan struktur kalimat.

Menjaga Tone dan Gaya Profesional

Konsistensi dan kejelasan adalah duo dinamis dalam penulisan profesional. Dan mencapai keduanya dalam tiga paragraf atau kurang bisa menjadi tugas yang menakutkan. AI dapat membantu Anda dengan itu. Selain menjaga nada yang konsisten, AI juga dapat membantu Anda menjaga gaya dan pesan yang kohesif dalam surat lamaran kerja Anda.

Selain itu, jika Anda mau, AI juga bisa menjadi editor yang fantastis. Tidak hanya dapat menemukan kesalahan ejaan dan tata bahasa, tetapi juga dapat menunjukkan di mana kalimat-kalimat Anda terlalu melenceng atau kurang jelas.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketika Anda baru memasuki industri atau kurang percaya diri dalam kemampuan menulis Anda, AI dapat memberikan saran dan bimbingan tentang bahasa dan format. Mengirimkan surat lamaran yang sudah terpoles dapat memberikan kepercayaan diri yang luar biasa, membantu Anda berinteraksi dengan para rekruter dengan cara yang berbeda.

Dalam banyak hal, hal ini membuat AI menjadi dorongan besar untuk kesetaraan dalam pencarian pekerjaan. Bagi siapa pun yang bukan penutur asli atau penulis yang bersemangat, membuat surat lamaran yang meyakinkan sekarang lebih mudah dijangkau.

Berbagi Pengetahuan

Anda juga dapat menggunakan AI sebagai alat pembelajaran. Alih-alih menggunakan AI untuk menulis surat lamaran yang Anda kirimkan, Anda dapat menggunakan hasil contoh untuk membantu Anda mengasah kemampuan menulis Anda.

Saat Anda menganalisis hasilnya, Anda mungkin melihat peluang untuk kata kunci dan penyesuaian penulisan yang sebelumnya Anda lewatkan. Memperhatikan dan mengatasi hal-hal ini akan membuat Anda menjadi pelamar yang lebih kuat.

Memilih Generator Surat Lamaran AI

Siap untuk menjelajahi dunia AI? Anda memiliki beberapa pilihan. Beberapa alat AI khusus pencarian pekerjaan, seperti MyPerfectResume, dapat membantu Anda membuat surat lamaran dan resume. Atau, coba perangkat lunak AI yang lebih generik, seperti ChatGPT yang gratis.

AI Khusus Pencarian Pekerjaan

Telah terjadi ledakan dalam alat AI yang dirancang khusus untuk pencari kerja. Mereka fokus pada resume dan surat lamaran serta memberikan panduan tentang praktik terbaik dan standar industri. Tetapi Anda mungkin menemukan bahwa mereka kurang memiliki unsur kreativitas yang bisa Anda temukan dalam alat tulisan AI yang lebih generik.

ChatGPT dan Penulis AI Generik Lainnya

Dari antarmuka ChatGPT gratis hingga pilihan premium seperti Jasper, perangkat lunak penulis AI dapat beradaptasi dengan berbagai tugas penulisan.

Siap untuk melakukan serangan merek pribadi? Anda dapat mendapatkan bantuan untuk segalanya mulai dari email tindak lanjut hingga surat minat.

Kini Anda memiliki alat untuk membuat surat lamaran kerja dengan cepat dan efisien. Dengan bantuan AI, Anda dapat menghemat waktu dan energi yang berharga yang dapat Anda gunakan untuk mencari pekerjaan impian Anda. Tetapi jangan lupa, meskipun AI dapat membantu dalam penulisan surat lamaran, penting untuk tetap menulis dengan suara dan kepribadian Anda sendiri. Hanya Anda yang dapat benar-benar mengomunikasikan siapa Anda.

Contoh Prompt

  1. Silakan buat sebuah Surat Lamaran Kerja yang berkualitas tinggi untuk PT ABC dengan efektif menunjukkan keunggulan dan manfaat diri kepada calon pemberi kerja. Surat ini seharusnya menarik perhatian pembaca dengan deskripsi yang menarik dan mencerminkan gaya bahasa yang diinginkan, yaitu formal. Surat ini dirancang untuk menarik dan memengaruhi audiens yang dituju.
  2. Silakan buat perintah prompt untuk menghasilkan surat lamaran kerja berkualitas tinggi dengan menggunakan OpenAI LLM seperti ChatGPT, Davinci, Curie, dll. Harap sebutkan bidang input (jika ada yang diperlukan) dalam perintah yang ditingkatkan. Tambahkan bidang input baru jika diperlukan untuk menghasilkan teks dalam perintah yang ditingkatkan. Anda harus dengan cermat menguraikan niat Prompt dengan benar dan meningkatkannya sesuai.

Kesimpulan

Kecerdasan Buatan, juga dikenal sebagai AI, adalah bidang teknologi komputer yang sedang berkembang yang bertujuan untuk menciptakan mesin yang cerdas, meniru perilaku dan kognisi manusia. Ada banyak cara untuk menggunakan AI dalam pencarian kerja Anda, termasuk surat lamaran AI. Jika Anda tertarik dengan alat pencarian kerja yang didukung AI, Anda bisa menggunakan generator penulisan teks untuk membuat lamaran kerja yang akan memukau atasan Anda. Anda juga bisa menggunakan fitur AI pada ponsel pintar Anda untuk membuat surat lamaran yang dipersonalisasi untuk setiap calon pemberi kerja berdasarkan resume dan deskripsi pekerjaan mereka. Anda juga dapat memanfaatkan AI untuk meningkatkan profil media sosial Anda. AI dapat digunakan untuk membuat akun LinkedIn atau Twitter profesional dengan menggunakan foto, nama, dan minat Anda. Karena AI belum sepenuhnya mahir dalam hal ini, Anda akan melihat beberapa kesalahan dalam konten Anda. Anda juga dapat mengubah konten Anda untuk meningkatkan keterbacaan.

Artikel Terkait

Back to top button