Gaya Hidup

Bagaimana Cara Belanja Di Alibaba?

Alibaba.com merupakan perusahaan yang besar di ranah B2B eCommerce. Para pembeli dan penyedia di seluruh dunia telah menggunakan platform ini untuk memperluas dan meningkatkan skala bisnis mereka.

Apa yang membuat Alibaba menjadi sangat hebat karena platform ini memiliki berbagai macam fitur, sarana, dan layanan yang dirancang khusus untuk mempermudah proses transaksi B2B.

Pada tulisan ini, mari membahas semua yang perlu diketahui tentang bagaimana cara belanja dan mencari barang dari e-commerce Alibaba. Diawali dengan mengulas apa itu Alibaba.com serta apa perbedaannya dibandingkan AliExpress dan Amazon. Selanjutnya, alasan mengapa mereka memilih platform Alibaba dibandingkan marketplace B2B lainnya.

Artikel ini akan membahas secara rinci bagaimana cara belanja di Alibaba, cara melakukan transaksi pembelian yang aman, dan tips untuk memaksimalkan pengalaman berbelanja di platform ini.

Apa itu Alibaba.com?

Apa itu Alibaba

Alibaba.com merupakan sebuah marketplace B2B secara online tempat para pembeli dan penjual di seluruh dunia bisa terhubung untuk melakukan kegiatan jual-beli. Platform ini sangat terjamin keamanannya dan sudah digunakan oleh banyak pelaku usaha.

Alibaba.com sendiri termasuk ke dalam Alibaba Group yang didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999. Perusahaan ini berbasis di Cina tetapi telah beroperasi di 190+ lebih negara dan wilayah juga memiliki lebih dari 40+ bidang usaha yang menawarkan lebih dari 5.900 kategori produk yang berbeda.

Platform ini dilengkapi dengan banyak alat dan fitur yang dirancang untuk menyederhanakan pembelian dan penjualan B2B.

Alibaba vs. AliExpress

AliExpress adalah platform eCommerce lain di Alibaba Group, namun berbeda dengan Alibaba, platform ini berorientasi pada transaksi B2C.

Karena ini merupakan platform B2C, para pejual produk di AliExpress memasukan daftar produk mereka untuk dijual kepada konsumen. Produk diberi harga dengan harga eceran alih-alih harga grosir. Meskipun harganya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan Alibaba.com, tetapi AliExpress juga dikenal dengan harga barangnya yang murah.

Alibaba vs. Amazon

Amazon adalah platform eCommerce B2C di Amerika. Perbedaan utama antara Alibaba.com dan Amazon adalah tentang siapakah pihak pembelinya. Para supplier di Alibaba.com menjual kepada pelaku bisnis, sedangkan supplier di Amazon menjual kepada konsumen.

Amazon sangat mirip dengan AliExpress karena keduanya adalah pasar B2C. Kedua platform tersebut memperbolehkan retailer yang berdiri sendiri untuk menjual produk mereka. Selain itu, Amazon juga memiliki beberapa merek produk tersendiri, seperti Amazon Basics, Solimo, dan Revly.

Produk Amazon umumnya dihargai sedikit lebih mahal, sehingga menjadikannya lebih mirip dengan toko umum online ketimbang sebuah toko dengan harga diskon.

Selain itu, Amazon juga menggunakan model berlangganan di mana para pengguna bisa membayar biaya tahunan untuk “Amazon Prime,” sehingga mereka bisa memperoleh gratis ongkos kirim selama 2 hari untuk semua Item “Prime”. Model berlangganan ini juga memberi pengguna untuk mengakses fasilitas tambahan, seperti koleksi musik, acara TV, dan film.

Siapakah pengguna Alibaba?

Seperti yang sudah disampaikan, Alibaba merupakan platform B2B. Artinya, hampir semua, penjual dan pembeli di Alibaba.com adalah perusahaan.

Para supplier biasanya menjual bahan baku atau barang yang akan diproduksi. Biasanya pembelinya adalah pengecer, grosir, pemasok, dan pabrikan yang mencari produk untuk dijual kembali atau diberi label privat untuk bisnis mereka sendiri. Terkadang, produsen membeli bahan baku yang ada di Alibaba.com sekaligus menggunakan Alibaba.com untuk menjual produk-produk mereka yang telah selesai diproduksi.

Pada intinya bahwa pembeli yang datang ke Alibaba.com untuk mendapatkan barang atau bahan baku dengan harga murah dan dalam jumlah yang banyak sehingga pada akhirnya mereka akan menjualnya kembali untuk memperoleh keuntungan.

Kenapa harus belanja di Alibaba?

Ada beberapa alasan mengapa orang memilih Alibaba. Mari lihat beberapa alasan yang paling umum untuk mengetahui kenapa para pengguna memilih Alibaba dibandingkan degan marketplace B2B eCommerce lainnya.

Platform Yang Bisa Dipercaya

Karena alasan utamanya adalah bahwa secara umum ini adalah platform yang sudah dipercaya. Orang mungkin bersikap skeptis dalam hal berbelanja secara online, apalagi jika jumlahnya mencapai jutaan atau bahkan puluhan juta rupiah.

Beberapa faktor yang menjadikan Alibaba.com dapat dipercaya. Yang pertama yaitu adanya portal pembayaran yang terjamin keamanannya. Transaksi yang dilindungi dengan adanya garansi di Alibaba.com, serta tersedianya akses ke portal pembayaran dengan tingkat keamanan yang tinggi menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli dan penjual. Dengan cara ini, pembeli tidak perlu khawatir nomor kartu kredit mereka dan informasi sensitif lainnya akan diretas.

Selain itu, Alibaba.com menawarkan sebuah program yang disebut dengan Trade Assurance, yang memastikan bahwa pembeli menerima kiriman mereka tepat waktu. Hal ini juga menjamin bahwa kualitas produk sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh penjual. Alibaba.com juga menawarkan Layanan Inspeksi Produk, untuk memastikan kualiatas produk.

Pembeli dapat berbelanja di Alibaba.com dengan yakin bahwa mereka mendapatkan barang yang sesuai dengan apa yang mereka bayarkan dalam setiap transaksi, jika tidak sesuai, mereka dapat meminta Alibaba.com untuk membantu hingga akhirnya permasalahan tersebut dapat diselesaikan.

Platform Yang Bisa Dipercaya

Mudah digunakan

Platform Alibaba.com sangatlah mudah untuk digunakan, dan proses pembeliannya pun jauh lebih mudah dibandingkan dengan saat melakukan pemesanan di atas kertas formulir atau melalui telepon.

Pembeli dapat memilih untuk memesan produk yang siap dikirim, semudah menambahkan barang ke keranjang, memasukkan informasi pembayaran dan melakukan pemesanan.

Sebagai alternatif, bisa langsung mengirim pesan kepada penjual untuk bernegosiasi harga atau menyesuaikan produk yang dipesan. Tentunya, ada beberapa langkah lagi yang terlibat di sini, tetapi masih tergolong mudah.

Jutaan Produk Yang Bisa Dipilih

Alibaba.com sendiri sudah memiliki jutaan penjual, yang artinya terdapat jutaan produk yang bisa dipilih. Beragam produk yang bisa dipilih ini memberi keleluasaan bagi pembeli untuk memilih penjual dan barang yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Sebagai contoh, jika mencari “kaos”, hasilnya mencapai ratusan ribu untuk jenis barang itu saja. Namun, dalam hal ini, hasil pencarian bisa difilter bedasarkan kriteria yang berbeda.

Jutaan Produk Alibaba

Pilihan Pembayaran Dengan Opsi Pay Later

Terkadang, perusahaan startup membutuhkan sedikit bantuan untuk bisa berjalan. Alibaba.com memiliki opsi Pay Later (Bayar Nanti) sehingga pembeli dapat membeli inventaris agar dapat memulai usaha meskipun belum memiliki dana yang cukup.

Cara ini membantu pengecer untuk menghindari meminta bantuan dari investor atau opsi pembiayaan lainnya yang dapat membuat prosesnya menjadi sedikit lebih rumit.

Pay Later ini didukung oleh Kabbage Funding dengan menawarkan batas pinjaman mulai dari $500 hingga $150 ribu dengan pembiayaan selama 6 bulan. Suku bunga mulai di kisaran 3,5%. Perlu Di ingat Fitur ini belum tentu mendukung untuk pembeli yang berasal dari Indonesia.

Pembayaran Opsi Pay Later

Sarana Bagi Sumber Daya Global

Karakteristik dari Alibaba.com ini sangat berguna bagi para pelaku usaha yang siap memasuki pasar global, dan platform ini juga menyediakan alat bantu khusus bagi para pembeli dan penjual yang ingin berbisnis secara global.

Alat yang paling penting untuk ekspansi global adalah adanya fitur penerjemahan secara otomatis pada etalase toko dan juga pada aplikasi chat pribadi. Platform sekarang sudah mendukung 16 bahasa, yang bisa membantu mengatasi kendala dalam masalah perbedaan bahasa.

Artinya, bisa saja mengirimkan pesan ke penjual di Italia dan pesan itu secara otomatis akan diterjemahkan ke bahasa Italia. Ketika lawan bicara membalas pesan tersebut, teks akan secara otomatis diterjemahkan ke bahasa yang dipilih, apakah itu bahasa Inggris, Indonesia, Mandarin, Italia, Prancis, dll.

Konversi mata uang juga bekerja dengan cara yang sama. Untuk melihat daftar harga dalam mata uang sesuai dengan pilihan sendiri, jadi tidak perlu menghitung konversinya secara manual.

Terjemahan

Bagaimana cara belanja di Alibaba hanya dalam 6 langkah

Membeli barang di Alibaba.com Sedikit berbeda daripada membeli melalui situs online B2C lainnya, seperti Amazon atau AliExpress. Proses ini dirancang agar efisien dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Membeli di Alibaba.com sangatlah mudah serta efisien, tetapi beberapa langkah memiliki pendekatan alternatif yang dapat memberikan sedikit kebebasan bagi para pengguna untuk menyesuaikan dengan pengalaman berbelanja mereka.

Baca Juga  Berteman Melalui Aplikasi Cari Teman

Mari lihat 6 langkah mudah untuk melakukan pembelian di Alibaba.com.

1. Membuat akun

Pertama, adalah membuat akun Alibaba.com secara gratis. Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk menambahkan beberapa informasi yang biasanya terdiri dari:

  • Negara/wilayah
  • Peran dalam perdagangan
  • Nama lengkap
  • Alamat email
  • Nama perusahaan
  • Nomor telepon

Pada tahap ini, juga diminta untuk membuat kata sandi.

Sedangkan untuk peran dalam perdagangan, nantinya akan ada pilihan “Pembeli” atau “Keduanya”. Hanya pilih “Keduanya” jika berencana membeli dan menjual barang melalui Alibaba.com.

2. Mencari dan menemukan produk

Selanjutnya, saatnya untuk mencari produk. Terdapat dua cara agar pembeli dapat menemukan barang yang akan dipesan di Alibaba.com: mencari dan menelusuri di marketplace atau bisa dengan memposting Request for Quotation (RFQ).

Menelusuri marketplace sangatlah mudah karena cara kerjanya persis seperti mesin pencari lainnya. Setelah memasukkan kata kunci pencarian, hasilnya akan muncul. Selain itu, dapat juga menggunakan “Upload Image” untuk melakukan pencarian yang lebih efektif dengan gambar produk yang dicari.

pencarian di alibaba

Hasil pencarian dapat difilter dan diurutkan berdasarkan kriteria yang berbeda-beda, termasuk:

  • Jenis supplier
  • Jenis produk
  • Jumlah pesanan minimum (MQO)
  • Negara/wilayah pemasok
  • Sertifikasi
  • Fitur

filter pencarian

Fitur ini membantu pembeli untuk mengerucutkan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak dapat menemukan produk yang cocok dengan kebutuhan yang tepat, maka dapat memposting Permintaan Penawaran di dalam pasar RFQ dan supplier bisa menghubungi jika mereka dapat memenuhi pesanan yang diinginkan.

RFQ

Apa pun itu, mudah untuk menemukan produk yang paling cocok dan sesuai untuk kebutuhan usaha.

3. Membandingkan penjual

Ada jutaan penjual di Alibaba.com, tetapi beberapa penjual memiliki kualifikasi atau sertifikasi tertentu yang membedakan mereka dari yang lain. Berikut ini adalah tiga penanda utama, yakni ” Gold Supplier,” “Verified Supplier”, dan “Trade Assurance Supplier.”

  1. Gold supplier adalah member berbayar di platform Alibaba.com yang telah diverifikasi sebagai perusahaan yang memiliki kemampuan industri atau komersial.
  2. Verified supplier adalah perusahaan yang memiliki reputasi baik, dengan sistem yang telah terverifikasi, mempunyai kemampuan yang baik dalam produksi, dan pengendalian produksi yang telah dievaluasi, disertifikasi, dan/atau diinspeksi oleh lembaga pihak ketiga.
  3. Supplier Trade Assurance adalah supplier yang menerima pembayaran langsung melalui portal pembayaran Alibaba.com, sehingga memberikan proteksi pada pesanan Alibaba.com.

Jenis Supplier

Sebaiknya Anda melihat review yang telah diverifikasi dari setiap supplier agar mengetahui pengalaman seperti apa yang dimiliki oleh pelanggan sebelumnya dengan supplier tersebut. Jika memiliki pertanyaan terkait dengan operasional atau informasi lain yang tidak dapat ditemukan di profil mereka, silakan kirimkan pesan secara pribadi kepada mereka untuk mengajukan pertanyaan.

4. Menegosiasikan harga atau langsung membeli

Setelah memilih supplier dan produk, maka bisa melakukan negosiasi harga atau melakukan pembelian secara langsung. Untuk pembelian secara langsung, produk harus diberi label “Siap Dikirim” dan menampilkan sebuah tombol “Mulai Pesanan” pada halaman detail produk.

Jika ingin mendapatkan sampel produk, melakukan pemesanan lebih rendah dari MOQ yang diminta, menurunkan harga barang, atau membuat penyesuaian apa pun pada pemesanan, maka perlu “Hubungi Supplier” dan gunakan fitur pesan instan “Chat Now!” untuk bernegosiasi dengan pihak penjual.

Chat Supplier

Kemudian, untuk melakukan ini, kirimkan pesan kepada penjual secara pribadi. Sampaikan secara profesional kepada mereka dengan jelas mengenai penawaran yang ingin diajukan. Kemungkinan akan terjadi tarik-ulur, tetapi dengan pendekatan yang tepat, seharusnya bisa menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak yang terlibat.

5. Melakukan Pemesanan Produk

Setelah mendapatkan detail kesepakatan yang sudah dibuat, sekarang saatnya untuk melakukan pemesanan. Meskipun dapat melakukan transaksi di luar Alibaba.com, disarankan untuk tidak melakukannya. Ketika transaksi sudah tidak lagi di platform Alibaba.com, maka transaksi tersebut tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan Trade Assurance, yang dapat melindungi pembeli dan penjual.

Jika melakukan pemesanan di Alibaba.com, komunikasi akan tetap terjalin di platform dan pembayaran akan dilakukan melalui portal pembayaran yang aman. Metode pembayaran yang dapat digunakan antara lain:

  • Kartu kredit
  • Kartu debit
  • Pembayaran bank secara online (eChecking)
  • Wire Transfer  (T/T)
  • Western Union

Atau, Anda dapat menggunakan fitur “Pay Latter”, yang memberikan waktu kepada pembeli selama 6 bulan untuk membayar pesanan dengan suku bunga minimum 3,5%.

6. Menerima barang pesanan

Langkah terakhir dari proses pembelian adalah menerima barang pesanan yang sudah dibeli. Dalam hal pengiriman dan logistik antar negara, pembeli dapat menggunakan Alibaba.com Freight untuk mendapatkan layanan pengiriman barang yang handal dan juga transparan. Layanan ini menawarkan jasa pengiriman laut, angkutan udara, dan pengiriman ekspres melalui udara serta parsel melalui udara terutama yang berasal dari Cina untuk seluruh dunia.

Apabila pembayaran dilakukan melalui Alibaba.com, program Trade Assurance akan memastikan proses ini berjalan dengan baik. Waktu pengiriman tergantung dari pihak penjual, jadi hal ini akan dilakukan secara case-by-case.

Setelah menerima pesanan tersebut, silakan berikan ulasan kepada penjual dan putuskan apakah nantinya akan menggunakan produk mereka lagi di masa mendatang atau tidak.

Tips Bagi Para Pembeli di Alibaba

Sebelumnya, telah disebutkan bahwa Alibaba.com memiliki banyak fitur dan resource yang bermanfaat. Namun, semua ini akan menjadi jauh lebih berguna ketika kita mengetahui bagaimana cara menggunakannya demi keuntungan kita.

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu mengoptimalkan pengalaman berbelanja di Alibaba.com.

Lengkapi Profil Akun

Penjual biasanya tidak harus menyetujui setiap pesanan atau menerima semua penawaran. Mereka ingin tahu bahwa mereka bekerja sama dengan pembeli asli dan serius sehingga dapat menjaga hubungan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Untuk menunjukkan kepada supplier bahwa kamu mewakili sebuah usaha yang asli dan kamu tidak berusaha menipu siapa pun, disarankan untuk menambahkan informasi sebanyak mungkin ke dalam profilmu.

Tambahkan gambar profil dan semua informasi kontak yang sesuai. Gunakan alamat email profesional untuk usaha kamu, bukan alamat email gratisan seperti Gmail. Isi sebanyak mungkin informasi tentang bisnis yang dimiliki, kapan didirikan, berapa banyak karyawan yang dimiliki, dan semua angka yang berkaitan dengan sumber daya.

Semakin akurat informasi yang diberikan, semakin baik profil yang ditampilkan kepada para supplier. Untuk mengedit profil ini, cukup masuk ke akun Alibaba.com dan masuk ke workbench Alibaba dan klik “Profil saya”.

Tulis pertanyaan yang efektif

Sekarang kamu sudah mengumpulkan daftar supplier yang ingin dihubungi untuk menegosiasikan kesepakatan atau kustomisasi sesuai kebutuhan. Penting bagi kamu untuk menulis pertanyaan yang efektif, jelas, dan terperinci agar memastikan bahwa informasi yang dibutuhkan bisa didapatkan.

Disarankan untuk menyertakan informasi berikut tentang apa yang ingin didapatkan:

  • Deskripsi dan spesifikasi produk
  • Kemasan
  • Kuantitas
  • Foto jika ada
  • Poin penting lainnya seperti keamanan, branding, dll.

Semakin banyak informasi yang disertakan, semakin besar kemungkinan menarik minat penjual yang bisa memenuhi kebutuhan produk tersebut.

Selain itu, ajukan pertanyaan yang tepat untuk membantu menentukan, apakah supplier tersebut cocok untuk membantu bisnis kamu:

  • Harga per volume pesanan
  • Sertifikasi seperti FDA, CE/Eropa, atau Standar China
  • Ketersediaan
  • Asal kapal
  • Ketentuan dan biaya pengiriman

Memesan sampel

Banyak supplier memiliki jumlah pesanan minimum (MOQ) yang ditetapkan sehingga pembeli tidak berusaha untuk mengambil keuntungan dari harga grosir pada pesanan dalam jumlah kecil.

Namun, supplier memahami bahwa mungkin kamu ingin melihat sendiri produknya sebelum membeli ribuan unit. Tanyakan kepada penjual tentang sampel. Seringkali, mereka akan menjual sampel produk yang ingin dibeli dengan harga eceran.

Sangat penting untuk memesan sampel jika supplier melakukan kustomisasi atau pelabelan pribadi pada produk yang akan dibeli, seperti menambahkan logo atau desain khusus lainnya.

Memiliki produk fisik di tangan dapat membantu untuk menentukan apakah produk tersebut merupakan pilihan yang tepat untuk bisnis dan apakah ingin menginvestasikan produk tersebut dalam jumlah unit grosir atau tidak.

Jual beli di Alibaba

Banyak di antara pengguna Alibaba.com yang merupakan pembeli dan penjual. Sudah menjadi hal yang umum bagi penjual untuk membeli bahan baku dari penjual lain untuk memproduksi barang mereka. Dengan mulai berjualan di Alibaba.com dan menjadi Gold Supplier, maka dengan mudah bisa memanfaatkan permintaan pembeli yang ada di marketplace online ini sehingga dapat mengembangkan bisnis dan penjualan secara efektif dari segi biaya.

Menggunakan Alibaba.com untuk menjual dan membeli adalah hal yang mudah dan bermanfaat, sebagai pembeli, mengingat hal ini membuat operasi bisnis utama ini tetap berada di satu tempat yaitu di workbench My Alibaba.

workbench alibaba

Kesimpulan

Membeli barang di Alibaba.com terbilang cukup mudah dan sederhana. Selama menjaga komunikasi dan transaksi di dalam platform, tidak ada risiko yang terlibat berkat program Trade Assurance dari Alibaba.com.

Jika sudah siap untuk mendaftar sebagai pembeli, penjual, atau keduanya, maka bisa langsung membuat akun Alibaba.com gratis hari ini juga.

Artikel Terkait

Back to top button